Tahun 2019, Kunjungan di Perpustakaan Kota Bima Meningkat

Iklan Semua Halaman

.

Tahun 2019, Kunjungan di Perpustakaan Kota Bima Meningkat

Kamis, 21 Februari 2019

Suasana di Perpustakaan Kota Bima saat Sore Hari. Foto US Berita11.com.

Kota Bima, Berita11.com— Kunjunga di Perpustakaan Kota Bima di Jalan Sukun Kelurahan Monggonao Kecamatan Mpunda Kota Bima semakin dari hari ke hari semakin lebih baik atau meningkat. Hal itu seiring kualitas layanan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima yang semakin lebih baik.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima, Dra Hj Sri Ratnawati MH mengataka, untuk terus meningkatkan kunjungan, dinas setempat sudah membuat nota kesepahaman (Momerandum of Understanding/ MoU) dengan sejumlah kampus dan sekolah.

“Untuk angka kunjungan semakin lebih baik, karena kemarin kita melakukan kerjasama dengan kampus. Mahasiswa rutin yang terpenting,” katanya di DPAD Kota Bima.

Diakuinya, memang ada beberapa kendala yang dihadapi dinas setempat yaitu rencana pengembangan ruangan perpustakaan yang dihambat masalah lahan. Padahal untuk pengembangan perpusatakaan memerlukan gendung yang luas.

Permasalahan lain, sampai saat ini DPAD Kota Bima belum memiliki tenaga arsiparis yang merupakan alumnus sarjana arsiparis. Tenaga penata arsiparis yang digunakan umumnya merupakan staf yang dilatih khusus, bukan yang memiliki kompetensi sejak kuliah sesuai jurusan tersebut.

“SDMnya kurang tenaga pustakawan, kalau dibanding arsip sudah memadai. Kalau Arsiparis baru satu orang, tenaga Arsiparis dan Perpustakawan. Yang tenaga Arsiparis hanya beberapa kampus saja seperti Jakarta dan Jogja,” ujar Sri Ratnawati.

Untuk mendukung kualitas layanan, pada tahun 2019 DPAD Kota Bima memiliki rencana pengadaan buku dengan total anggaran Rp250 juta. Pengadaan buku tersebut untuk mengganti koleksi buku di Perpustaakaan Kota Bima yang rusak akibat direndam banjir bandang akhir tahun 2016 lalu. [US]