Terima Rapor SAKIP, Peringkat Kabupaten Bima Naik jadi B

Iklan Semua Halaman

.

Terima Rapor SAKIP, Peringkat Kabupaten Bima Naik jadi B

Redaksi Berita11
Senin, 18 Februari 2019
Penyerahan Piagam Penghargaan SAKIP dari Kementerian PAN RB Secara Simbolis oleh Wakil Bupati Bima Drs H Dahlan M Noer MPd kepada Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE, Senin (28/2/2019)

KERJASAMA HARIAN ONLINE BERITA11.COM dengan BAGIAN HUMAS & PROTOKOL SEKRETARIAT DAERAH (SETDA) KABUPATEN BIMA

Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima meraih nilai lebih baik yakni B atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. Penghargaan tersebut disampaikan Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri SE saat apel gabungan di kantor Bupati Bima, Senin (18/2/2019).

Nilai SAKIP yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Bima dari Kementerian PAN RB meningkat dari sebelumnya CC dengan label baru kategori B.

Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE menyampaikan bahwa penghargaan yang diberikan ini merupakan  integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

“Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku,” katanya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Hj Sita Arna.

Dikatakannya, dengan meningkatnya hasil penilaian atas SAKIP  adalah sejarah baru ditorehkan jajaran Pemerintah Kabupaten Bima. Bahwa  tahun 2018, Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Kabupaten Bima meningkat dari CC ke B.

Pada tahun sebelumnya  SAKIP Pemerintah Kabupaten Bima memperoleh nilai 58.13 dan pada penyerahan hasil evaluasi  SAKIP tahun 2018 dari Kementerian PAN RB kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Pemerintah Kabupaten Bima memperoleh nilai B dengan perolehan 60.41.

“Ke depan, seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Bima perlu meningkatkan beberapa evaluasi akuntabilitas kinerja, di antaranya penajaman sasaran dan indikator sasaran yang akan dicapai oleh masing–masing OPD, melakukan evaluasi program dan kegiatan yang tidak mendukung indikator sasaran,” katanya.

Bupati Bima, Hj Indah Dhamanyanti Putri SE Menandantangani Prasasti Pembangunan Sejumlah Gedung di Wilayah Kabupaten Bima, Disaksikan Kepala Dinas PUPR, Kepala Bappeda dan Litbang dan Sekda Kabupaten Bima.

Selain itu, menciptakan inovasi –inovasi yang mendukung pencapaian anggaran berbasis kinerja. Selain torehan prestasi yang telah diraih dan meningkatkan kepatuhan pelayanan birokrasi kepada masyarakat.

Penyerahan secara simbolis oleh Wakil Bupati Bima H Dahlan M.Noer dan diterima langsung oleh Bupati Bima Hj.Indah Dhamayanti Putri, SE serta dirangkaiakan dengan pemberian penghargaan kepada Tim Penyusun Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Pada momentum ini,  Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, SE menandatangani prasasti peresmian pembangunan Kantor Bupati Bima, peresmian pembangunan Musala Kabupaten Bima, peresmian pembangunan Taman Panda Kecamatan Palibelo, peresmian pembangunan Kantor dan Gudang Arsip BPPKAD Kabupaten Bima serta peresmian pembangunan SPAM IKK Woha. [AD/*]