Ada Desas-Desus Penarikan Uang Rp550 Ribu PTSL di Belo, ini Klarifikasi BPN

Iklan Semua Halaman

.

Ada Desas-Desus Penarikan Uang Rp550 Ribu PTSL di Belo, ini Klarifikasi BPN

Redaksi Berita11
Jumat, 08 Maret 2019
Kantor Pertanahan Kabupaten Bima Kementerian ATR/ BPN. Foto Ahmad Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Terdapat desas-desus penarikan uang hingga Rp550 ribu pada pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kecamatan Belo Kabupaten Bima. Namun hal tersebut dengan tegas dibantah oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Bima Kementerian ATR/ BPN.

Kepala Bagian Umum Kantor Pertanahan Kabupaten Bima Kementerian ATR/ BPN, Hadijah menegaskan, tidak ada penarikan uang dalam pelaksanaan program PTSL, termasuk di Desa Lido Kecamatan Belo Kabupaten Bima.

“Kalaupun ada salah satu tim di lapangan yang meminta, jangan dilayani. Bila perlu air satu gelas pun jangan dikasih pada tim yang turun lapagan yang malakukan pengukuran di lapagan,” tandas Hadijah saat ditemui awak media di Kantor Pertanahan Kabupaten Bima ATR/BPN, Rabu (6/3/2019) lalu.

Hadijah menjelaskan, di Kabupaten Bima terdapat dua kecamatan yang memperoleh program PTSL tahun 2019 yaitu di Kecamatan Belo dan Kecamatan Wawo. Untuk Kecamatan Belo pelaksanaan PTSL meliputi di enam desa, sedangkan di Kecamatan Wawo meliputi delapan desa.

“Jadi apa yang manjadi tujuan pemerintah ini hanya semata-mata untuk mendata masyarakat yang belum mendapatkan sertifikat tanah,” katanya.

Hadijah menegaskan, tidak boleh ada penarikan uang dalam pelaksanaan program PTSL di lapangan.

"Bahwa apa yang dilakukan oleh tim di lapangan itu betul-tetul tidak dipungut biaya satu senpun," tandasnya. [AD]