Anggaran ADD Terbatas, Kini Jembatan di Tekasire Dibangun Satgas TMMD

Iklan Semua Halaman

.

Anggaran ADD Terbatas, Kini Jembatan di Tekasire Dibangun Satgas TMMD

Redaksi Berita11
Sabtu, 09 Maret 2019
KAUR Perencanaan Desa Tekasire Kecamatan Manggelewa, M Jaitun Bersama Babinsa Babinsa Tekasire Koramil 1614-06/Manggelewa Serka Syarifudin dan Warga Berdikusi dengan Warga Menunggu Hujan Reda Di Sela Kegiatan TMMD. 


Dompu, Berita11.com— Kehadiran program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 Kodim 1614/ Dompu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama mewujudkan kebutuhan infrastruktur strategis seperti jalan dan jembatan. Hal itu juga dirasakan masyarakat dan Pemerintah Desa Tekasire Kecamatan Mangggelewa yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD ke-104.

Kepala Urusan (KAUR) Perencanaan Pemerintah Desa Tekasire Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, M Jaitun mengatakan setelah dibangun sejak tahun 2011 lalu, jembatan yang menghubungkan So Madawuwu dengan Mada Kasa’a Desa Tekasire Kecamatan Manggelewa sudah dua kali direnovasi karena patah akibat diterjang banjir dan hujan.

“Sejak dibangun sampai terakhir itu itu sudah dua kali pernah direnovasi karena patah. Karena memang kayunya lapuk,” ujarnya kepada Berita11.com di Desa Tekasire, Jumat (8/3/2019).

Mewakili masyarakat desa setempat dan Pemerintah Desa, M Jaitun mengungkapkan rasa syukur dan apresiasi kepada TNI melalui Satgas TMMD telah berkenan membangun jembatan tersebut.

Keberadaan jembatan penghubung So Madawuwu dengan Mada Kasa’a Desa Tekasire sangat penting untuk masyarakat setempat yang umumnya 90 persen merupakan petani. Karena jembatan itu adalah akses utama menuju lahan dan tanah tegalan milik petani. Bahkan tercatat lebih dari 500 hektar lahan milik warga yang berada di sekitar gunung harus melewati jembatan tersebut.

“Terima kasih banyak kami ucapkan kepada TNI melalui TMMD telah membantu membangun jembatan di desa kami. Jembatan ini sangat strategis bagi masyarakat karena banyak yang memanfaatkannya, terutama saat musim hujan seperti sekarang ini sangat penting sekali,” ujarnya.

Menurutnya, jumlah Alokasi Dana Desa (ADD) Tekasire Kecamatan Manggelewa yang terbatas belum mampu mendukung pelaksanaan rehab maupun pembangunan jembatan di desa setempat.

“Kalau ADD belum mampu untuk mendukung kegiatan pembangunan jembatan ataupun pembukaan jalan ekonomi. Kalau yang ada dalam ADD hanya untuk peningkatan jalan di perkampungan dan drainase,” ujarnya.

Sebelumnya Dan SSK TMMD ke-104 tahun 2019 Kodim 1614/ Dompu, Kapten Inf Mujiono menyeubutkan, sasaran program fisik TMMD yang sedangd iselesaikan Satgas TMMD di Desa Tekasire Kecamatan Manggelewa meliputi pembukaan jalan 5x2.600 meter, pembuatan jembatan 1 ukuran 6x5 meter, jembatan 2 ukuran 6x5 meter dan pembuatan  gorong-gorong. [US]