Bangkitkan Semangat Gotong Royong dan Interaksi dengan Masyarakat, Satgas TMMD Perkuat Silaturahmi

Iklan Semua Halaman

.

Bangkitkan Semangat Gotong Royong dan Interaksi dengan Masyarakat, Satgas TMMD Perkuat Silaturahmi

Jumat, 01 Maret 2019
Suasana Keakraban Silaturahmi antara Satgas TMMD ke-104 Tahun 2019 Kodim 1614/ Dompu dengan Masyarakat Dusun Mujur Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Jumat (1/3/2019) Siang.


Dompu, Berita11.com— Selain melaksanakan target program fisik, Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 di Wilayah Kodim 1614/Dompu juga giat memperkuat silaturahmi ke sejumlah rumah warga di lokasi TMMD.

Tujuan utama silaturahmi tersebut untuk memperkuat interaksi antara TNI dengan masyarakat serta membangkitkan kembali budaya gotong royong di tengah masyarakat. Kegiatan non-fisik tersebut juga dilaksanakan Satgas TMMD ke-104 Wilayah Kodim 1614/Dompu  di Dusun Mujur Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu setelah shalat Jumat (1/3/2019).

Dandim 1614/Dompu Letkol Czi Arief Hadiyanto, S.IP., selaku Dansatgas TMMD ke-104 tahun 2019 wilayah Kabupaten Dompu memberikan apresiasi kapada anggota Satgas TMMD yang menyempatkan diri untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat setempat.

“Ini merupakan bagian dari tugas satuan kewilayahan menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Apalagi saat seperti ini dalam melaksanakan tugas TMMD sudah seharusnya dilakukan,” ujarnya.

Dikatakannya, hal tersebut penting mengingat  Satgas TMMD dalam membantu percepatan pembangunan di wilayah, sehingga  harus dapat bersama-sama dengan masyarakat sekitar.

“Hal ini bagian yang tak kalah penting karena tujuan jangka panjang  Program TMMD salah satunya wadah dalam meningkatkan kemanunggal TNI dengan rakyat,” ujar Dandim.

Menurutnya, silaturahim adalah salah satu cara membangun kebersamaan yang sangat efektif untuk dapat menyelesaikan setiap permasalah sosial terkait tugas apa saja. Dengan demikian, akan terbentuk sebuah ikatan emosional yang kuat sehingga tidak mudah dipengaruhi untuk dipecah belah hingga akhirnya tercipta ketahanan lingkungan dan wilayah yang tangguh.

Untuk itu, sambung lulusan Akmil 98 tersebut, seluruh anggota Satgas harus terus membaur dan berinteraksi dengan masyarakat setempat sambil mengajak masyarakat untuk membangkitkan kembali budaya gotong royong. Karena manfaatnya sangat positif dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. [MR]