Banjir Bandang Terjang Pemukiman Warga Desa Rite Ambalawi

Iklan Semua Halaman

.

Banjir Bandang Terjang Pemukiman Warga Desa Rite Ambalawi

Senin, 25 Maret 2019
Luapan Air Bah dari Sungai dan Gunung Menggenangi Pemukiman Warga Desa Rite Kecamatan Ambalawi, Minggu (24/3/2019) Sore. Dokumen Pusdalops BPBD Kabupaten Bima.


Bima, Berita11.com— Banjir bandang menerjang pemukiman warga Desa Rite Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima, Minggu (24/3/2019) petang. Banjir bandang melanda desa setempat setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur Bima dan daerah sekitar beberapa jam.

Kasubid Penanganan Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima, Bambang Hermawan mengatakan, banjir bandang di Desa Rite Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima tepatnya menerjang pemukiman warga  RT 11 RW 04 Dusun Keli Desa Rite.

Air sungai meluap di Dusun Keli Desa Rite. Beberapa halaman rumah warga tergenang air dan lumpur. “Banjir tersebut dari gunung di Kecamatan Ambalawi dan sekitarnya sebabkan hutan gundul yang berubah fungsi sebagai lahan pertanian jagung,” ujarnya, Minggu (24/3/2019) malam.

Dikatakannya, anggota BPBD Kabupaten Bima berkoordinasi dengan salah satu warga di Desa Rite  melalui telepon. Hasilnya diketahui banjir mulai surut dan tidak terdapat pengungi maupun korban jiwa.

Ia menambahkan, TRC BPBD Kabupaten Bima tetap melaksanakan pemantaun lokasi dan monitoring lewat informasi cuaca BMKG dan siap turun lapangan melakukan pendataan dan kaji cepat di lapangan. Selain itu, BPBD melaksanakan koordinasi dengan dinas terkait serta BPBD Provinsi NTB.

Sebelumnya, BMKG Stamet Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima menyampaikan peringatan dini dampak curah hujan tinggi di wilayah Bima dan Dompu  24 Maret 2019 pukul 17:30 Wita.

Adapun potensinya, air sungai deras di Donggo dan Soromandi, potensi luapan air sungai di Bolo dan Kecamatan Madapangga, potensi terjadinya genangan air di jalan dan licin di Kecamatan Raba, Rasanae Timur, dan Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, potensi banjir lokal di jalan, dataran rendah dan jembatan di Palibelo.

Selain itu, BMKG menyampaikan terjadinya banjir sekitar bantaran sungai Kecamatan Asakota dan Kecamatan Mpunda Kota Bima. [US]