Dandim 1608/ Bima Ajak Masyarakat dan Media Wujudkan Suasana Aman dan Damai Menjelang Pemilu

Iklan Semua Halaman

.

Dandim 1608/ Bima Ajak Masyarakat dan Media Wujudkan Suasana Aman dan Damai Menjelang Pemilu

Redaksi Berita11
Sabtu, 02 Maret 2019
Dandim 1608/ Bima, Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra.


Bima,  Berita11.com Selain melalui serangkaian kegiatan silaturahmi dan berbagai kegiatan bersama instansi lain, Komandan Kodim 1608/ Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra tak bosan mengajak seluruh elemen masyarakat agar berpartisipasi mewujudkan suasana aman dan damai.

Selain masyarakat umum dan para komponen lain, Dandim Bima juga mengajak media untuk membantu menciptakan kondusivitas Kota Bima dan Kabupaten Bima terutuma menjelang puncak pelaksanaan Pemilu 2019 dengan tidak menyebarluaskan informasi yang mudah memprovokasi masyarakat.

“Mari kita sukseskan Pemilu 2019 khususnya di wilayah Bima. Kita ciptakan suasana yang kondusif,” ajak Dandim saat di Makodim 1608/ Bima, Rabu (27/2/2019).

Berkaitan peran TNI pada Pemilu 2019, Dandim Bima kembali menjelaskan pihaknya siap membantu back up personel sesuai permintaan dan kebutuhan Polri.

“Intinya kesiapan personel TNI akan selalu siap bila diperlukan. Di samping itu, saya harap dalam pesta demokrasi Pemilu nantinya semua lapisan masyarakat dapat mendukung kesuksesannya,” imbaunya.

Sebelumnya seperti diketahui, personil TNI termasuk Kodim 1608/ Bima telah melaksanakan latihan gabungan di Manggemaci Kota Bima untuk menghadapi kebutuhan Polri dan penyelenggara Pemilu untuk memastikan keutuhan teritorial meliputi suasan kondusif pra dan pasca Pemilu 2019.

Dandim mengatakan, jajaran Kodim 1608/ Bima dan jajaran tetap melaksanakan komunikasi dengan masyarakat agar membantu fungsi wilayah. Secara rutin Bintara Pembina Desa (Babinsa) bertemu masyarakat, termasuk dalam rangka mewujudkan pemilu aman dan damai.

Selain mengeratkan silaturahmi dengan masyarakat melalui serangkaian bhakti sosial, para personel TNI terutama Babinsa di wilayah Kodim 1608/ Bima, rutin melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan berbagai lapisan masyarakat. Kegiatan itu termasuk memonitor situasi setiap wilayah sehingga ada yang ditindaklanjuti.

“Mudah-mudahan tidak ada hal menonjol di wilayah kita (Bima). Peran serta media, share berita untuk ciptakan situasi (kondusif) di wilayah,” ujar Dandim.

Seperti diketahui sebelumnya, Kodim 1608/ Bima melalui jajaran Koramil menyikapi beberapa isu sosial salah satunya berkaitan akses jembatan di Desa Simpasai Kecamatan Monta Kabupaten Bima yang putus karena terjangan banjir. Personil Koramil Monta bersama masyarakat berhasil membangun kembali jembatan di lokasi tersebut. 

Sebelumnya, Kodim 1608/ Bima ditetapkan sebagai Kodim terbaik di Nusa Tenggara Barat. [US]