Danlanal Mataram Lepas Keberangkatan Tim Ekspedisi Bank Indonesia

Iklan Semua Halaman

.

Danlanal Mataram Lepas Keberangkatan Tim Ekspedisi Bank Indonesia

Redaksi Berita11
Selasa, 12 Maret 2019
Danlanal Mataram, Kolonel Laut (P) Ludi Muharjo saat Melepes Peserta Tim Ekspedisi Laskar Nusa yang Berangkat Menggunakan KRI Karang Pilang 981 di Pelabuhan Lembar Kabupaten Lombok Barat, Senin (11/03/2019).


Mataram, Berita11.comDanlanal Mataram, Kolonel Laut (P) Ludi Muharjo melepas keberangkatan KRI Karang Pilang 981 yang membawa tim Ekspedisi Laskar Nusa, Senin (11/03/2019).

Pelepasan dimulai dengan upacara kemiliteran yang berlangsung di Dermaga Pelabuhan Lembar pukul 08.00 WITA. Kegiatan dihadiri Komandan KRI Karang Pilang 981, Mayor Laut (P) Farid Ardiansyah, Sekda Kabupaten Lombok Barat, Fahruddin, dan unsur pimpinan bank umum.

Dalam kesempatan tersebut Danlanal Mataram, Kolonel Laut (P) Ludi Muharjo mengatakan merupakan sebuah kebanggaanan bagi TNI Angkatan Laut dalam mendukung Bank Indonesia untuk  mendistribusikan uang Rupiah ke pulau-pulau terdepan, terpencil dan tertinggal.

Apalagi dalam kegiatan ini sekaligus kegiatan edukasi bagi msyarakat dan pelajar serta memberikan bantuan sosial pendidkan dan kesehatan. Untuk itu, Lanal Mataram mengikutsertakan  sembilan personil untuk mengikuti ekspedisi ini,” ujarnya.

Sementara Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB, Wahyu Ari Wibowo, dalam sambutannya mengatakan layanan kas keliling merupakan salah satu tugas utama Bank Indonesia untuk senantiasa memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal.

Dikatakannya, dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, BI selalu berusaha semaksimal mungkin untuk mengedarkan uang Rupiah secara merata ke seluruh wilayah NKRI termasuk ke pulau-pulau terdepan, terpencil dan tertinggal.

Mengingat pentingnya kebutuhan masyarakat terhadap Uang Layak Edar (ULE) di pulau-pulau tersebut, maka  KPW Bank Indonesia Provinsi NTB mengadakan layanan kas keliling dan sosialisasi cara merawat uang rupiah di kepulauan yang berada di Kabupaten Sumbawa (Pulau Moyo dan Pulau Bungin), Kabupaten Bima (Pulau Bajopulo), dan Kabupaten Lombok Timur (Pulau Maringkik).

Tim Ekspedisi Laskar Nusa tersebut akan mengunjungi keempat pulau tersebut mulai 11-16 Maret 2019 untuk memastikan uang Rupiah layak edar di pulau-pulau terpencil tersebut. Bank Indonesia berkomitmen melayani masyarakat di pulau-pulau terpencil untuk mendapatkan kesempatan yang sama dengan masyarakat di perkotaan dalam hal penukaran terhadap uang Rupiah.

Para Peserta Ekspedisi Laskar Nusa 2019 Rupiah untuk Kedaulatan NKRI yang Melaksanakan Pelayanan di Pulau-Pulau Kecil Terdepan, Terpencil dan Tertinggal.

KRI Karang Pilang 981 membawa  rombongan tim ekspedisi sebanyak 23 orang yang terdiri dari pegawai Bank Indonesia, kasir bank umum, tim medis, mahasiswa UNRAM dan UIN, serta jurnalis dan videografer.  [AN]