Danrem 162/ WB Resmikan Bantuan Kios untuk Umi Delima

Iklan Semua Halaman

.

Danrem 162/ WB Resmikan Bantuan Kios untuk Umi Delima

Redaksi Berita11
Minggu, 17 Maret 2019
Penggguntian Pita oleh Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han Menandai Peresmian Kios Umi Delima di Desa Campa Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, Minggu (17/3/2019) Siang.



Bima, Berita11.com— Komandan Korem (Danrem) 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han didampingi Dandim 1608/ Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra meresmikan bangunan kios Jumiatun alias Umi Delima di RT 11/02 Desa Campa Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, Minggu (17/3/2019) siang.

Selain membangun kios Umi Delima, TNI melalui Danrem 162/ WB juga memberikan bantuan isi kios dan sejumlah Sembako.

Danrem 162/ WB,   Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han dalam sambutan saat tatap muka bersama masyarakat, anggota Forkopinda dan para tokoh dan Muspika Kecamatan Madapangga mengatakan, kehadiran dirinya dan rombongan di Desa Campa dalam rangka meresmikan kios milik Umi Delima dan bertatap muka dengan masyarakat  setempat.

Dikatakannya, beberapa waktu lalu pihaknya melaksanakan operasi teritorial (Opster) TNI membantu penanganan bencana gempa bumi Lombok dan Pulau Sumbawa. Hal itu sebagai bentuk komitmen bahwa TNI berasal dari rakyat dan akan selalu hadir untuk rakyat.

“Keperluan bapak-ibu yang berkaitan kepentingan umum bisa dikomunikasikan dengan kami, mau perbaikan jalan, musala. Semua bisa kita komunikasi dalam bentuk Bhakti karya kita, kita juga ada program TMMD,” katanya saat bertatap muka dengan masyarakat dan para tokoh di Desa Campa.

Danrem juga menyampaikan bahwa saat ini terdapat program Pemerintah Provinsi NTB membantu para putra-putri untuk mengikuti pendidikan melalui jalur beasiswa keluar negeri.

Menurutnya, program tersebut harus dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan jenjang pendidikan. Karena melalui pendidikan yang lebih baik secara otomatis akan mendongkrak perekonomian masyarakat.

Danrem juga menyarankan qoriah yang menjadi pembaca kalam ilahi pada acara tatap muka tersebut yang merupakan juara 2 MTQ nasional di Sumatera untuk mengikuti program beasiswa yang dibuka sebesar-besarnya oleh Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah M.Sc. misalnya dengan mengikuti jalur beasiswa ke Universitas Al Azhar Kairo Mesir.

“Kita tidak hanya di kampung saja, tapi keluar ikut pendidikan di luar, misalnya di luar daerah atau diluar negeri. Dengan pendidikan menjadi pintu untuk meningkatkan pendidikan,” ujarnya.

Danrem 162/ WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han Menyampaikan Sambutan Dihadapan Anggota Forkopinda Kabupaten Bima, Tokoh Masyaarakat, Muspika Madapangga dan Puluhan Warga Desa Campa.

Danrem 162 mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan. Karena permasalahan kerusakan hutan dan masalah lingkungan di NTB menjadi salah satu topik pembahasan. Pihaknya memuji semangat masyarakat Desa Campa Kecamatan Madapangga yang menggambarkan kondisi masyarakat dalam keadaan sehat.

Sebelumnya, Camat Madapangga, Muhammad Syafi’i SH M.Ap dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Danrem 162/ WB dan Dandim 1608/ Bima beserta jajaran yang telah hadir dan memberikan bantuan kepada Umi Delima, warga Desa Campa serta meresmikan kios bantuan tersebut.

“Kami pada kesempatan ini menyampaikan salam hormat Bupati Bima sedianya beliau menyambut langsung Bapak Danrem. Tapi beliau melaksanakan perjalanan dinas ke Jakarta. Salam beliau kami sampaiakna, kami sangat gembira karena ini adalah momen yang sangat membanggakan dan membahagiakan karena bapak bersedia mengunjungi kami,” katanya.

Camat Madapangga mengatakan, kehadiran Danrem 162/ WB dan jajaran menjadi momentum untuk meningkatkan silaturahmi dalam nauangan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Kami merasa bersyukur wilayah Desa Campa masih dalam kondisi yang aman dan kondusif, ini tidak terlepas dari dukungan bapak TNI dan Polri. Mudah-mudahan menjadikan negeri ini aman Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur,” ucapanya.

Muhammad Syafi’i juga berharap kunjungan Danrem 162 dan jajaran, berkesan. 

Dikatakannya, masyarakat Kabupaten Bima selalu mendoakan kesuksesan Danrem dan rombongan. “Kabupaten selalu mendoakan bapak-ibu dan rombongan terutama kesuksesan kita bersama, negara Indonesia,” katanya.

Selain Danrem 162 WB dan Dandim 1608/ Bima, silaturahmi tatap muka Danrem 162/ WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han juga dihadiri Ketua Persit Kartika Candrakirana Korcab Rem 162/WB, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang 27 Dim, Waka Polres Bima, Kompol Abdi Mauludin, S.Sos, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bima, Drs H Suadin Abdullah MPd, Pengurus Daerah Muhammadiyah Kota  Bima yang juga tokoh Madapangga sekaligus mantan Ketua FKUB Kota Bima, Eka Iskandar M.Si, Ketua Brigade Masjid, Ustadz Burhanuddin SP, para perwira Kodim 1608/ Bima, Kapolsek Madapangga, IPDA Rusdin, para tokoh masyarakat dan warga Desa Campa.

Usai Menggunting Pita Peresmian Kios Umi Delima, Danrem 162/ WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han Berdialog dengan Ibu Salmah yang Merupakan Ibu Kandung Umi Delima. Sebelumnya Kios Umi Delima dibangun oleh TNI sebagai Bentuk Kepedulian Terhadap Warga Negara.

Sebelum pengguntingan pita, Danrem 162/ WB memberikan kuis kepada masyarakat yang dapat menjawab pertanyaan di antaranya yang mampu menjawab nama lengkap Dandim 1608/ Bima, mampu menghafal teks Pancasila dan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara utuh. Umumnya para penjawab yang merupakan ibu-ibu menyampaikan jawaban yang benar diberikan hadiah Rp500 ribu.

Usai penyampaian sambutan Danrem 162/ WB, kegiatan dilanjutkan pengguntian pita sebagai penanda diresmikannya kios Umi Delima oleh Danrem 162/WB.

Jumiatun alias Umi Delima adalah istri mantan pimpinan Mujahiddin Indonesia Timur (MIT) Santoso yang telah tewas dalam kontak senjata dengan Satgas Tinombala di Poso. [US]