Disnaker: Awal Tahun 2019 Kota Bima Zero Kasu HI

Iklan Semua Halaman

.

Disnaker: Awal Tahun 2019 Kota Bima Zero Kasu HI

Redaksi Berita11
Senin, 04 Maret 2019
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima, Drs Jufri M.Si. Foto US Berita11.com.


Kota Bima, Berita11.com— Mekipun beberapa industri atau perusahaan skala kecil dan menengah mulai menunjukkan perkembangan plus dengan berbagai dinamikanya, hingga kini belum ada satupun kasus berkaitan hubungan industrial (HI) yang tercatat di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bima.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disnaker Kota Bima, Drs Jufri M.Si. Secara umum, pihaknya tetap memonitor pelaksanaan kegiatan perusahaan atau industri yang beroperasi di Kota Bima termasuk yang berkaitan dengan pelaksanaan kewajiban-kewajiban perusahan seperti hak tenaga kerja.

“Sampai dengan saat ini belum ada kasus hubungan industrial yang kita tangani. Belum ada apalagi yang sampai naik ke pengadilan,” ujarnya kepada Berita11.com di Disnaker Kota Bima kepada, kemarin.

Ia mengatakan, berkaitan permasalahan tenaga kontrak perusahaan subkontraktor PT  PLN, pihaknya hanya sebatas menfasilitasi. Permasalahan itu belum teregistrasi sebagai kasus HI.

Dalam menyelesaikan kasus hubungan industrial, pihaknya menenkan kepada perusahaan atau pemberi kerja dan tenaga kerja untuk melalui berbagai tahapan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Tenaga Kerja dan regulasi turunannya seperti perundingan bipartit.
Saat ini Disnaker Kota Bima sedang menyiapkan perangkat turunan Peraturan Wali Kota Bima dari Peraturan Daerah (Perda) Tentang Upah Tenaga Kerja. [US]