Dorong Kinerja KIM dalam Penyebarluasan Informasi, Diskominfostik Siapkan Jaringan Internet

Iklan Semua Halaman

.

Dorong Kinerja KIM dalam Penyebarluasan Informasi, Diskominfostik Siapkan Jaringan Internet

Redaksi Berita11
Senin, 04 Maret 2019
Kepala Dinas Komunikasi Informatika, dan Statistik Kabupaten Bima, Abdul Wahab SH M.Si Didampingi Dua Pejabat di Dinas Setempat Menyampaikan Penjelasan kepada Pengurus Kelompok Informasi Masyarakat di Kabupaten Bima.


Bima, Berita11.com Pemerintah Kabupaten Bima terus mendorong peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang menjadi jembatan informasi dari masyarakat tingkat bawah ke pengambil kebijakan (pemerintah) atau sebaliknya. Untuk mendukung fungsi tersebut, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfostik) Kabupaten Bima menyiapkan jaringan internet setiap kecamatan.

“Sekarang teman-teman KIM yang harus proaktif. Tahun 2018 yang aktif dan tidak aktif 50 banding 50,” ujar Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi Diskominfostik Kabupaten Bima, Suryadin M.Si di dinas setempat, Rabu (27/2/2019).

Ia menjelaskan, sejumlah wilayah di Kabupaten Bima sudah dipasangi jaringan internet seperti di Desa Kala Kacamatan Donggo dengan model Jarkomda yang selanjutnya dipancarkan ke sejumlah wilayah lain seperti Kecamatan Bolo, Kecamatan Madapangga dan Ambalawi.

Selain itu Diskominfostik juga sudah memasang jaringan internet di kecamatan lain seperti Sape, Soromandi.

“Sape kami baru pasang sekitar lima untuk penyediaan internet. Kemudian ada Jarkomda. Rekayasa teknologi yang dimotori Dinas Kominfo dalam rangka menyiapkan internet di daerah- daerah sulit. Mekanismenya kami langganan Indo Home ada yang sampai 100 Mbps,  kami tembakan ke beberapa wilayah yaitu di Doronae dan Donggo Kala,” katanya.

Sejumlah lokasi lain yang sedang disasar Diskominfo menggunakan Very Small Aperture Terminal (VSAT) MangoSTAR meliputi lima titik, yaitu Kecamatan Sanggar, Tambora, Wera, Monta dan Langgudu.

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah program dari pemerintah pusat yang merangsang penyebarluasan informasi positif berbasis komunitas seperti konsep jurnalisme warga (citizen journalist) melalui peran serta masyarakat. Program tersebut dilaksanakan seluruh Indonesia dam termasuk dalam binaan Dinas Kominfo Provinsi NTB dan Kabupaten Bima. [US]