Ini Paparan Dansatgas TMMD ke-104 Kodim 1614/ Dompu kepada Pangdam IX/ Udayana

Iklan Semua Halaman

.

Ini Paparan Dansatgas TMMD ke-104 Kodim 1614/ Dompu kepada Pangdam IX/ Udayana

Rabu, 27 Maret 2019
Suasana Pemaparan Laporan oleh Dansatgas TMMD ke-104 Kodim 1614/ Dompu kepada Pangdam IX/Udayana yang Berlangsung di Ruang Rapat Bupati Dompu, Rabu (27/3/2019) Pagi. Foto Ahmad Berita11.com.


Dompu, Berita11.com— Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP, menerima paparan tentang pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 dari Dandim 1614/Dompu Letnan Kolonel Czi Arief Hadiyanto, S.IP, selaku Komandan Satgas TMMD di ruang rapat Bupati Dompu, Rabu (27/3/2019) pagi.

Pemaparan tentang pelaksanaan TMMD ke-104 tahun 2019 dari Dandim 1614/Dompu selaku Dansatgas TMMD dilaksanakan sebelum upacara penutupan TMMD ke-104 di Lapangan Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu.

Dalam paparannya, Dansatgas TMMD menyampaikan seluruh program baik fisik dan nonfisik kegiatan TMMD yang diselenggarakan di Desa Lanci Jaya dan Desa Tekasire Kecamatan Manggelewa sudah mencapai finis dan selesai sesuai dengan harapan.

“Sasaran fisik berupa pembukaan jalan sepanjang 5.600 meter dengan lebar 5 meter, pembanguan dan perehaban tiga buah musala, pembuatan jembatan dan gorong-gorong serta duiker seudah mencapai 100 persen,” sebut Dansatgas.

Selain itu, Alumni Akmil 1998 tersebut juga menyampaikan beberapa over prestasi yang dikerjakan dalam TMMD di antaranya pembangunan rumah penyandang disabilitas beserta isinya, penambahan panjang jalan sekitar 400 meter dan adanya juga penambahan lebar jalan mencapai 7 meter, dan pembuatan tempat wudhu dan kamar mandi di musala.

Foto Bersama Pangdam IX/ Udayana, Bupati Dompu, Anggota Komisi I DPR RI, Danrem 162/WB, Dansatgas TMMD ke-104 Kodim 1614/ Dompu, Dandim Jajaran Korem 162/ WB dan Anggota lain Forkompinda Kabupaten Dompu Sebelum Upacara Penutupan TMMD ke-104. Foto Ahmad Berita11.com.

“Alhamdulillah semuanya sudah mencapai seratus persen,” ujar Dansatgas.

Sementara itu, Pangdam IX/Udayana dalam arahan dan tanggapannya menyampaikan bangunan yang sudah dibangun seperti musala agar dimanfaatkan masyarakat dengan baik serta merawat dan menjaganya sehingga memiliki masa pakai yang awet dan tahan lama.

“Untuk pembukaan jalan, Pemerintah Daerah melalui Sekda agar segera ditindak lanjuti terkait dengan peningkatan dan penyempurnaan karena manfaat ekonomisnya sangat besar terutama bisa mengurangi biaya anggaran operasional petani hingga mencapai Rp700 juta lebih setiap tahun," ungkap Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pati Bintang Dua tersebut juga menjelaskan, program TMMD tidak hanya fisik saja, namun ada program nonfisik sebagai spirit untuk mengajak masyarakat mengembalikan karakter gotong royong masyarakat dengan harapan spirit gotong royong tumbuh kembali di tengah-tengah masyarakat karena rasa memiliki lebih kuat akbibat kebersamaan dalam membangun.

Mengakhiri arahannya, Pangdam IX/Udayana kembali mengingatkan untuk memberikan edukasi kepada masyarakt tentang menjaga keseimbangan lingkungan dan alam agar alam tetap bersahabat dengan manusia.

Acara paparan Dansatgas TMMD dihadiri Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdahni, S.Sos. SH. M.Han., Aster Kasdam IX/Udayana Kolonel Inf I Kadek Subawa, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M.Yasin, anggota DPR RI dari PAN Muhammad Syafrudin ST MM, para Dandim jajaran Korem, para Perwira Kodim Dompu dan instansi terkait. [US]