Jalan Raya Ambles, Sekolah dan Satu Kampung di Kecamatan Tambora “Dihajar” Luapan Banjir

Iklan Semua Halaman

.

Jalan Raya Ambles, Sekolah dan Satu Kampung di Kecamatan Tambora “Dihajar” Luapan Banjir

Sabtu, 23 Maret 2019
Warga Desa Labuan Kananga Kecamatan Tambora Kabupaten Bima Nyaris Terseret Luapan Banjir. Foto Warga


Bima, Berita11.com— Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kecamatan Tambora, Jumat (22/3/2019) sore memicu luapan banjir yang menggenangi sekolah dan perkampungan di Desa Labuan Kananga. Hantaman banjir juga menyebabkan amblesnya jalan di Desa Rasabou Kecamatan Tambora.

Warga Labuan Kananga Kecamatan Tambora, Mastur mengatakan, hujan deras Jumat sore memicu luapan banjir. Selain menggenangi pemukiman warga, luapan banjir juga menggenangi SDN 1 Labuan Kananga Kecamatan Tambora.

“Sampai hari ini pun masih terjadi hujan di Kecamatan Tambora. Satu perkampungan itu digenangi banjir termasuk di sekolah,” ujarnya kepada Berita11.com, Sabtu (23/3/2019).

Ia mengatakan, luapan banjir juga menyebabkan amblesnya jalan raya di Desa Rasabou Kecamatan Tambora, sehingga akses di desa setempat terputus.

Kondisi Jalan di Kecamatan Tambora Ambles dan Terputus Akibat Dihantam Luapan Banjir. Foto Warga.

Menurut Mastur, sejumlah warga desa di Kecamatan Tambora kuatir terhadap luapan banjir susulan yang dapat sewaktu-waktu mengantam perkampungan warga. “Informasinya di Kawinda Toi juga direndam banjir. Karena di sana juga hujan sedikit saja itu luapan banjir itu besar. Karena luapan banjir tidak dapat mengalir dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah, Camat Tambora, Drs Israh yang dihubungi Berita11.com melalui sambungan Ponsel, Sabtu (23/3/2019) siang menjelaskan, curah hujan tinggi dan angin kencang masih melanda Kecamatan Tambora.

Saat ini, Camat Tambora sedang tidak berada di lokasi karena sedang menjenguk istrinya yang sedang sakit di Kecamatan Wera. Namun pihaknya mendapatkan laporan dari sejumlah pihak termasuk warga dan pegawai kantor camat.

Kondisi jalan di Desa Rasabou Kecamatan Tambora memangrusak parah karena ambles setelah diterjang luapan banjir. Akan tetapi Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kades Rasabou, Kapolsek Tambora serta Danposramil sedang mengupayakan mengerahkan alat berat milik PT Lancar Sejati.

“Kalau jalan yang putus di Desa Rasabou, kita Muspika sudah koordinasi donasi dengan PT Lancar Sejati yang sedang mengerjakan jalan di Tambora untuk bantuan alat berat buat jalan darurat dulu,” kata Camat Tambora Drs Isyarah.

Pihaknya belum memperoleh laporan detail terkait dampak luapan banjir di Kecamtan Tambora. Kondisi yang dikuatirkan masyarakat setempat terjadinya banjir susulan dan ngin kencang.

“Belum dapat kabar saya adinda, karena Minggu ini saya ke Jawa dan pulang Rabu sampai Jum'at  mengikuti Forum SKPD di Bapedda Kabupaten Bima,” ujar Isyrah.

Sementara itu, pihak Pusdalops BPBD Kabupaten Bima dan Kasubsi Penanganan Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan belum menjawab ketika dimintai berkaitan detail data kerusakan akibat banjir Tambora maupun upaya penanganan melalui pengerahan bantuan tanggap darurat oleh Pemerintah Daerah. [US]


Foto-foto kondisi pasca luapan banjir Kecamatan Tambora, Jumat (22/3/2019).

Luapan Banjir juga Menggenangi Halaman dan Ruang Kelas SDN 1 Labuan Kananga Kecamatan Tambora, Jumat (22/3/2019). Foto Warga Tambora.