Jalani Seleksi Polri, 7 Siswa SMAN 1 Woha tak Ikut UASBN

Iklan Semua Halaman

.

Jalani Seleksi Polri, 7 Siswa SMAN 1 Woha tak Ikut UASBN

Sabtu, 23 Maret 2019
Plang Pengumuman Pelaksanaan Ujian yang Dipasang Halaman SMAN 1 Woha. Foto Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Seluruh Sekolah Menengah Atas (SMA) dan setingkatnya di Provinsi NTB melaksanakan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN), Sabtu (23/3/2019). Kegiatan yang sama dilaksanakan SMAN 1 Woha secara lancar. Namun tujuh siswa setempat tercatat tidak mengikuti UASBN karena sedang menjalani seleksi masuk Polri.

Hal tersebut dibenarkan Wakil Kepala SMAN 1 Woha, Muhammad Junada, S.Pd. “Sebanyak tujuh orang tidak mengikuti seleksi UASBN karena sedang mengikuti seleksi Polri,” ujar Junada kepada Berita11.com di sekolah setempat, Sabtu (23/3/2019).

Ia mengatakan, tujuh siswa setempat yang tidak mengikuti UASBN dapat mengikuti ujian susulan. Sesuai jadwal, UASBN dilaksanakan selama sepekan, 23-29 Maret 2019. Setelah itu siswa kelas 3 akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan pada tanggal 1, 2, 4 dan 8 April 2019.
“Untuk siswa yang tidak ikut UASBN bisa ikut ujian susulan. Walaupun masalahnya nanti adalah pengawasnya,” ujarnya.

Junada menjelaskan, secara umum pelaksanaan hari pertama UASBN berlangsung lancar tanpa kendala. Ujian tersebut diawasi oleh tim pengawas silang SMA/SMK yang berada satu gugus di Kecamatan Woha. “Tidak ada kendala karena ujian ini juga masih manual. Nanti untuk UNBK baru menggunakan komputer,” ujar Junada didampingi Kepala SMAN 1 Woha, Najamuddin S.Pd.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Pengawas Pendidikan SMA/SMK UPT Layanan Dikmen PK PLK Bima Dinas Dikbud Provinsi NTB, Adhar S.Sos menjelaskan, secara umum pelaksanaan UASBN hari pertama di SMAN 1 Woha lancar tanpa ada kendala.

Hal tersebut juga diyakini sama pada pelaksanaan UASBN hari berikutnya. Pelaksanaan ujian tersebut diawasi oleh tim pengawas silang gugus setempat dari Layanan Dikmen PK PLK Bima Dinas Dikbud Provinsi NTB. “Tidak ada kendala semuanya lancar. Walaupun terdapat tujuh siswa di sini yang tidak masuk mengikuti ujian karena sedang mengikuti seleksi Polri,” ujarnya. [AD]