Kodam Udayana Siapkan Pasukan 2/3 dari Kekuatan Polri untuk Amankan Pemilu 2019

Iklan Semua Halaman

.

Kodam Udayana Siapkan Pasukan 2/3 dari Kekuatan Polri untuk Amankan Pemilu 2019

Kamis, 28 Maret 2019
Pangdam IX/ Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P Foto Bersama Bupati Dompu, ParaWartawan, Pegawai Dinas PU dan Anggota Komisi I DPR RI, HM Syafruddin, ST MM. Foto Ahmad. Berita11.com.


Dompu, Berita11.com— Komando Daerah Militer (Kodam) IX/ Udayana akan memaksimalkan back terhadap Polri dalam mengamankan pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2019. Kodam mengerahkan pasukan 2/3 dari jumlah kekuatan Polri.
Hal tersebut diisyaratkan Panglima Kodam IX/ Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP kepada wartawan usai penutupan TMMD ke-104 di Dompu, Rabu (27/3/2019).
“Terkait dengan pelaksanaan Pemilu ke depan, sebagaimana protap kita, akan kerahkan 2/3 dari kekuatan yang dikerahkan Polri. Kita ingin mencapai kekuatan ideal seperti itu. Tetapi tetap personil Polri punya keterbatasan, jumlahnya TNI pun sama,” kata Pangdam.
Dikatakannya, untuk menjawab keterbatasan jumlah personil tersebut, TNI dan Polri melakukan pemetaan daerah-daerah yang perlu penguatan pasukan. “Tidak bisa semua kita cover tapi kita lakukan pemetaan. Mana daerah-daerah yang hekekat ancamannya besar,” ujarnya.
Berkaitan tingkat kerawan di Kabupaten Dompu saat Pemilu 2019, Pangdam memastikan daerah bermoto Nggahi Rawi Pahu tersebut paling aman.  “Tapi kami tetap berharap pelajaran situasi yang kita ambil sampai pelaksanaan pemilu ini masih berjalan dengan lancar. Apakah. Paling aman Dompu,” ujarnya.
Pangdam mengingatkan soal netralitas prajurit TNI menghadapi Pemilu 2019. Menurutnya, netralitas menjadi komitmen yang tidak boleh dilanggar. “Kalau ada pelanggaran yang dilakukan TNI, ini juga pelanggaran yang keras. Artinya prajurit TNI melawan perintah pimpinan. Itu adalah pelanggaran yang berat di dalam tubuh TNI,” pungkasnya. [AD]