Maksimalkan Perekaman E-KTP Warga, Kades dan Ketua BPD Rabakodo Hadirkan Petugas Disdukcapil

Iklan Semua Halaman

.

Maksimalkan Perekaman E-KTP Warga, Kades dan Ketua BPD Rabakodo Hadirkan Petugas Disdukcapil

Rabu, 13 Maret 2019
Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Rabakodo Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Agus Riawan S.Pd Mendampingi Masyarakat Desa Setempat saat Mengikuti Perekaman Data Kependudukan.


Bima, Berita11.com— Untuk membantu masyarakat yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP), Pemerintah Desa Rabakodo Kecamatan Woha Kabupaten Bima dan Ketua Badan Permusyaratan Desa (BPD) setempat, Agus Riawan S.Pd menjalin kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima untuk melaksanakan perekaman KTP elektonik di desa Rabakodo, Selasa (12/3/2019).

Ketua BPD Rabakodo Kecamatan Woha, Agus Riawan S.Pd mengatakan, pelaksanaan perekaman KTP elektronik langsung di kantor desa setempat merupakan bentuk perhatian kepala desa setempat, A Harissufwaddin terhadap warga yang belum memiliki dokumen kependudukan.

Sebelumnya, Pemerintah Desa Rabakodo dan BPD setempat menerima laporan dari masyarakat masih banyaknya yang belum memiliki KTP elektronik maupun akte kelahiran. Padahal salah satu dokumen tersebut sangat penting terutama untuk mendaftar sebagai pemilih pada Pemilu legislatif dan Pilpres 2019 yang tinggal menghitung pekan.

“Ini adalah bentuk kepedulian pemerintah desa dan BPD. Kita melakukan koordinasi dengan Dinas Dukcapil sehingga menurunkan petugas untuk melaksankaan perekaman langsung di aula kantor desa kami,” ujar Agus Riawan.

Pada kegiatan perekaman data kependudukan di kantor Desa Rabakodo Kecamatan Woha,  tercatat 367 yang mengikuti perekaman  E-KTP yang terdiri dari 200 laki-laki dan 150 penduduk berkelamin perempuan. 17 di antaranya merupakan warga yang baru masuk dalam data perekaman Disdukcapil Kabupaten Bima.

Kegiatan perekaman E-KTP juga diikuti oleh mahasiswa STKIP Bima yang KKN di Desa Rabakodo, angkatan ke-30 tahun 2019,” ujar Agus.

Warga Desa Rabakodo, Abdul Somad mengungkapkan apresiasinya terhadap pemerintah desa setempat, BPD dan Dinas Dukcapil Kabupaten Bima yang telah menfasilitasi perekaman data kependudukan.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua RT 08 Desa Rabakodo, Idris Talib. Menurutnya, 
kehadiran petugas yang melaksanakan pelayanan mobile langsung di desa setempat sangat membantu masyarakat memperoleh pelayanan dasar untuk mendapatkan dokumen kependudukan khususnya E-KTP tanpa melalui proses yang berbelit-belit.

Mudah-mudahan pelayanan seperti ini terus berlanjut untuk tahun-tahun ke depan,” harapnya.  

Kepala Desa Rabakodo A.Harissufwaddin juga mengungkapkan apresiasi terhadap Dinas Dukcapil Kabupaten Bima yang telah membantu masyarakat dengan melaksanakan perekaman data kependudukan di kantor desa setempat.

Trima kasih banyak kami sampaikan kepada Dinas Dukcapil Kabupaten Bima yang sedia hadir untuk Membantu masyarakat saya untuk melakukan perekapan E-KTP di Desa Rabakodo,” katanya. [AD]