Meskipun Bagian dari Satgas TMMD ke-104, Babinsa tak Lupakan Tugas

Iklan Semua Halaman

.

Meskipun Bagian dari Satgas TMMD ke-104, Babinsa tak Lupakan Tugas

Redaksi Berita11
Kamis, 07 Maret 2019
Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Lanci Jaya Koramil 1614-06/ Manggelewa, Koptu Ali Malik Tetap Rutin Melaksanakan Komunikasi Sosial dengan Masyarakat di Tengah Kesibukannya sebagai Anggota Satgas TMMD ke-104.


Dompu, Berita11.com— Disela-sela melaksanakan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 Kodim 1614/Dompu, Babinsa Lanci Jaya Koramil 1614-06/Manggelewa Kopral Satu Ali Malik tetap menyempatkan diri melaksanakan tugasnya sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa), salah satunya menggelar komunikasi sosial dengan warga binaan di Dusun Mujur pada Rabu malam, (6/3/2019) lalu.

Menurut Koptu Malik, komunikasi sosial yang ia lakukan tidak hanya membahas tentang program fisik TMMD saja, namun juga untuk bertukar pikiran, tukar informasi dengan masyarakat khususnya terkait dengan keamanan dan ketertiban masyarakat di desa.

“Semua informasi yang ada dari masyarakat, kita tampung dan dilaporkan kepada pimpinan jika informasi tersebut bernilai strategis untuk ditindak lanjuti,” ujar Malik.

Malik kemudian memberikan contoh, ada informasi dari masyarakat bahwa di dusunnya ada warga yang terlihat aneh dan berbeda dengan warga lainnya. “Informasi ini harus segera didalami dengan melakukan pendekatan dan komunikasi sehingga tahu apa sebenarnya yang terjadi,” katanya.

Dikatakannya, jika memang ada penyimpangan, maka harus segera diingatkan dan diberikan nasehat. “Bila perlu diadakan penyuluhan sehingga warga binaan maupun wilayah tetap dalam keadaan aman dan kondusif,” jelasnya.  

Secara terpisah, Dandim 1614/Dompu Letnan Kolonel Czi Arief Hadiyanto, S.IP., selaku 
Dansatgas TMMD Kodim Dompu memberikan apresiasi kepada kinerja Babinsa Desa Lanci Jaya khususnya terkait pelaksanaan program fisik TMMD di desa binaanya.

“Alhamdulillah, selama pelaksanaan TMMD di Desa Lanci Jaya khususnya terlihat antusias masyarakatnya sangat tinggi, mereka secara bergantian dan terjadwal membantu anggota Satgas TMMD bergotong royong mengerjakan sasaran fisik baik pembukaan jalan maupun pembangunan dan perehaban tiga buah musala,” ungkapnya.

Menurutnya, hal itu tidak terlepas dari keberhasilan Babinsa dalam melakukan kegiatan pembinaan dan pendekatan kepada warga binaan melalui Komsos yang terus menerus dan berkesinambungan.

Selain itu, alumnus Akmil 1998 tersebut meminta kepada anggota Satgas TMMD untuk tetap memantau dan memonitor wilayah desa binaanya melalui selular selama pelaksanaan TMMD dan memastikan desa binaanya tetap dalam kondisi aman dan kondusif sehingga tugas TMMD jalan, tugas Babinsa juga tetap jalan.  [MR]