Pencanangan Gerakan dan Perbup Literasi Kabupaten Bima akan Dihadiri Mendikbud

Iklan Semua Halaman

.

Pencanangan Gerakan dan Perbup Literasi Kabupaten Bima akan Dihadiri Mendikbud

Selasa, 26 Maret 2019
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bima, Abdul Wahab M.Si. Foto US Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Dalam waktu tak lama lagi Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Bima akan melaksanakan pencanangan gerakan literasi melalui penerbitan Peraturan Bupati (Perbup) Bima Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Literasi. Kegiatan pencanangan direncanakan dihadiri langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfostik) Kabupaten Bima, Abdul Wahab Usman, M.Si saat Pelatihan Pasar Kampung Online dalam Rangka Peningkatan Kapasitas SDM Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang digelar di Aula PKK Kabupaten Bima, Senin (26/3/2019).

“Kami di Bima sudah Perbub Nomor 11 Tahun 2019, Perbub Literasi yang sudah diterbitkan. Rencana dalam waktu dekat akan dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, dalam waktu dekat akan ke Bima,” ujar Wahab.

Wahab mendukung gerakan masif dari Dinas Kominfo yang terus mendorong budaya bertutur menjadi menulis melalui peningkatan kapasitas KIM, program Kampung Media dan sejumlah kegiatan lain.

“Informasi ke depan, akan meninggalkan kita kalau kita tidak menyesuaikan diri. Kami mengutip pernyataan Bupati Bima, begitu pentingnya pejabat/ birokrat untuk menyesuaikan perkembangan teknologi sekarang ini,” katanya.

Diungkapkannya, Pemerintah Daerah Kabupaten Bima melalui Dinas Kominfostik sebenarnya telah memiliki ihtiar dan rencana menghidupkan kegiatan literasi yang diawali dari OPD. Sebelumnya Diskominfostik sudah membuat website 20 OPD.

“Selain membuatkan website, kami latih juga tenaga OPD semacam jurnalis lingkup OPD. Mereka mencari dan membuat bahan untuk diekspos di website dan media. Beberapa orang berhasil dan beberapa orang tidak ada kabarnya. Salah satunya kami selidiki pimpinannya yang tidak care dengan perkembangan teknologi, itu kendalanya,” ujar Wahab. [US]