Pengelolaan Arsip di Kota Bima Makin lebih Baik

Iklan Semua Halaman

.

Pengelolaan Arsip di Kota Bima Makin lebih Baik

Redaksi Berita11
Senin, 04 Maret 2019
Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima Drs H Mahfud M.Pd saat Tandatangan MoU.


Kota Bima, Berita11.com— Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Bima untuk membenahi tata kelola pemerintah khususnya berkaitan administrasi tak perlu diragukan lagi. Hal itu juga setidaknya dilihat dari pengelolaan arsip yang semakin lebih baik didukung Peraturan Daerah (Perda) Kota Bima Tentang Arsip.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima, Drs H Mahfud M.Pd mengatakan, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Bima sudah memiliki tata kelola arsip yang lebih baik.

Belum lama ini pihaknya telah melaksanakan akuisisi terhadap arsip Wali Kota Bima dan beberapa OPD seperti bekas Dinas Kehutanan Kota Bima, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Pada tahun sebelumnya, DPAD juga melaksanakan penataan arsip Dinas Dukcapil Kota Bima dan melaksanakan lomba penataan arsip untuk OPD dan kelurahan.

“Untuk arsip, setiap waktu kita kelola. Kemarin sudah selesai kelola arsip wali kota. Kita kita akuisisi  arsip (bekas) Dinas Hehutanan dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Anak,” ujarnya.

Menurutnya, komitmen pemerintah menata arsip setiap OPD merupakan jalan untuk membenahi tata kelola pemerintah dalam hal administrasi. Misalnya untuk setiap laporan keuangan harus tertata dengan baik dalam bentuk arsip.

Meskipun tenaga arsiparis Kota Bima baru tersedia satu orang, DPAD Kota Bima mendapatkan pasokan tambahan tenaga yang lulus CPNS tahun 2018. “Kendala kita tenaga arsiparis. Tapi tahun ini kita ada tambahan yang lulus CPNS kemarin,” ujarnya. [US]