Penyakit Menular Pembunuh Nomor 1, tapi 2 Puskesmas di Sumbawa tak bisa Tangani TB

Iklan Semua Halaman

.

Penyakit Menular Pembunuh Nomor 1, tapi 2 Puskesmas di Sumbawa tak bisa Tangani TB

Selasa, 19 Maret 2019
Ilustrasi TBC.


Sumbawa, Berita11.com— Tuberkulosis  (TB) merupakan jenis penyakit menular yang paling berbahaya dan paling banyak menyumbang kematian terhadap penderitanya. Bahkan merupakan penyakit menular pembunuh nomor satu di Indonesia.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Anak Agung Ngurah Ketut Riyadi, SKM, M.Kes.

Dikatakan Anak Agung, dalam sejarah dunia, Indonesia masuk dalam 5 besar negara yang penduduknya meninggal karena menderita TB. Akan tetapi di Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB masih terdapat dua Puskesmas yang belum mampu mengatasi penyakit TB tersebut yakni Puskesmas Lantung dan Puskesmas Orong Telu.

“Kedua puskesmas tersebut belum mampu menangani kasus TB yang terjadi di wilayahnya karena tenaga medis maupun sarana prasarana yang ada belum memadai dan sejauh ini kami selalu mengupayakan tenaga ahli untuk Puskesmas tersebut. Jika belum ada tenaganya dalam waktu dekat ini kami akan meminta pada program Nusantara Sehat untuk tenaga medisnya,” isyarat Agung.

Agung menjelaskan, selain tenaga medis ketersediaan tenpat sangat mendukung untuk penanganan TB tersebut, seperti lokasi yang representatif, harus sesuai standar, harus aman, dan mampu melindungi petugas yang  bekerja di dalamnya. [MN]