Perangkat Desa Dinilai Mandek, HMPDS Demo Pemdes Saneo

Iklan Semua Halaman

.

Perangkat Desa Dinilai Mandek, HMPDS Demo Pemdes Saneo

Senin, 18 Maret 2019
Massa HMPDS saat berorasi di depan Kantor Desa Saneo dan membakar ban bekas. Foto Ist

Dompu, Berita11.Com - Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Desa Saneo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu dinilai tidak jalan, massa Himpunan  Mahasiswa dan Pemuda Desa Saneo (HMPDS) melakukan demo kantor desa setempat, Senin (18/03/2019) pagi .

Tak hanya itu, sejumlah  prangkat desa lainya seperti Karangtaruna serta Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dinilai tidak efektif dan efisien dalam menjalankan tugas serta mengelolah usaha milik desa, baik pendapatan desa maupun anggaran yang diluncurkan melalui anggaran ADD dan DD.

Menurut koordinator lapangan (Korlap) Rusdiansyah, jalanya rodah Pemerintah Desa dengan adanya perangkat lain seperti BumDes Karangtaruna serta BPD akan menghimpun serta mengetahui pendapatan dan pengeluaran desa.

"Hal yang terjadi selama ini kami melihat bahwa Pemerintah Desa seolah menutup mata dengan tidak jalanya roda BumDes serta perangkat lainya," terangnya.

Massa meminta pihak Pemerintah Desa untuk segera melakukan refisi ulang perangkat desa yang dimaksud. "Dalam hal ini kami meminta terhadap Pemerintah Desa, dalam waktu tiga hari harus dilakukan perubahan struktur baru baik BumDes, BPD maupun Karangtaruna," desaknya.

Massa HMPDS saat berdialog dengan Kepala Desa Saneo Rustam di depan Kantor Desa setempat

Setelah melakukan orasi secara bergantian massa ditemui Kepala Desa (Kades) Saneo Rustam guna melakukan dialog di depan desa setempat.

Dalam dialognya Kades Rustam, menyampaikan ucapan terima kasih terhadap massa aksi yang sudah melakukan pengontrolan terhadap Pemerintah Desa terutama jalannya program kerja yang telah direncanakan.

"Kami selaku pihak Pemerintah Desa Saneo berterimakasih kepada generasi muda yang sudah melakukan pemantauan terhadap jalan dan tidak jalanya roda perangkat Desa," bersyukurnya.

Dari beberapa aitem tuntutan massa aksi, lanjut Rustam, pihaknya mengaku akan merangkul dan melakukan perbaikan atau rombak kembali khusus anggotanya.

"Dalam hal tersebut kami akan melakukan refisi strukturnya baik BPD, Karangtaruna maupun BumDes dalam waktu dekat ini, untuk itu kami akan melakukan tiga hari terhitung mulai sekarang," janji Kades. [AF]