Jelang Pemilu Serentak 2019, Para Kapolsek Gelar Apel Pasukan PAM

Iklan Semua Halaman

.

Jelang Pemilu Serentak 2019, Para Kapolsek Gelar Apel Pasukan PAM

Sabtu, 23 Maret 2019
Suasana Apel PAM dalam rangka persiapan anggota jelang pemilu serentak 2019 di lapangan depan Mapolsek Pekat. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Para Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) di masing-masing Kecamatan menggelar apel pasukan PAM dalam rangka menghadapi kampanye terbuka dan pemungutan suara pada Pemilu serentak tahun 2019, Sabtu (23/3/19) pagi.

Seperti yang dilakukan Kapolsek Pekat IPDA Abdul Malik, SH memimpin apel gelar pasukan PAM begitu juga dengan Kapolsek Hu'u IPTU Balok Suswantoro. Apel dilakukan di lapangan depan Mapolsek masing-masing.

Apel yang digelar Kapolsek Pekat dihadiri Danramil Pekat Lettu Inf. Ibrahim, DanPos TNI AL, Sekcam Pekat Dermawansyah, S.Sos, Ketua Panwas Pekat beserta anggota, Ketua PPK Pekat beserta PPS, Kepala Desa se-Kecamatan Pekat dan  Linmas sekitar 100 orang.

Sedangkan peserta apel terdiri dari satu pleton personel TNI Koramil, satu pleton personel Polsek gabung dengan Pol Airud dan dua pleton anggota Linmas Kecamatan Pekat.

Sementara Kapolsek Hu'u dihadiri Camat Hu'u Mukhtar, S.Sos, Danramil Kap. Inf. I Ketut Suryadi, Kasi Trantib Alantri, Kepala Desa se-Kecamatan Hu'u, Anggota Panwascam, Anggota PPK dan Linmas sekitar 120 orang. Peserta hampir sama hanya saja Pol Airud yang tidak ada.

Keduanya masing-masing memberikan arahan kepada pasukannya terkait pengamanan Kampanye terbuka dan pemungutan suara pada Pemilu tahun 2019.

Kapolsek Pekat IPDA Abdul Malik menyebutkan Kegiatan pesta demokrasi ini pertama kali dilakasanakan, sebelumnya hanya Pileg saja tapi tahun ini Pileg dan pilpres.

"Untuk itu sebagai komponen bangsa, PPK Linmas, Panwas, TNI, Polri, mari kita sikapi dengan baik dan bahu membahu untuk bekerja sama mensukseskan pesta demokrasi ini, agar pesta demokrasi ini diselenggarakan berjalan dengan baik dan aman karena berdasarkan kirka Intelijen bahwa Kecamatan Pekat masuk dalam kategori rawan satu," ujar Abdul Malik.

Ditegaskan Abdul Malik berhubung waktu pesta demokrasi tinggal sebentar lagi, agar segala sesuatu dipersiapkan dengan baik. Kata dia, Jika mendapat hambatan dan kendala agar segera melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri.
Suasana Apel persiapan anggota PAM di Mapolsek Hu'u. Foto ist

"Semoga unsur - unsur pelaksana yang hadir pada kesempatan ini dapat mengatasi setiap masalah dengan baik terutama unsur pelaksana seperti PPK dan PPS dan Saya harapakan peranan linmas untuk betul-betul memperhatikan pengamanan kotak suara dan penghitungan suara agar dapat berjalan aman dan lancar," ujar dia.

Berkaitan dengan pelanggaran pemilu, lanjut Abdul Malik, diharapkan Panwasl tentunya yang mempunyai tugas dan wewenang namun apabila menemukan kendala agar segera melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian.

"Selanjutnya untuk diketahui bersama bahwa TNI dan Polri menjunjung tinggi netralitas dan kami harapkan pesta demokrasi ini supaya tercipta situasi keamanan dan ketertiban," harapan dia.

Sementara itu, Kapolsek Hu'u IPTU Balok Suswantoro juga memberikan arahan bahwa apel gelar pasukan ini adalah bagian dari Pengecekan kesiapan anggota dalam rangka pengamanan Pemilu serentak tahun 2019. Selain itu, Balok mengajak terhadap segenap masyarakat untuk melaksanakan pemilu yang damai seperti pemilu-pemilu sebelumnya.

"Keberhasilan kegiatan pemilu serentak tahun 2019 ini dapat berjalan dengan aman, karena adanya keterlibatan dari semua pihak. Dan pemilihan serentak ini akan menjadi tonggak sejarah karena pelaksanaannya langsung lima surat suara mulai dari DPRD Tk II sampai dengan PILPRES," ujar Balok Suswantoro.

Dikatakan Balok, bagi TNI dan Polri dalam pengamanan Pemilu serentak tahun 2019 ini adalah suatu kebanggaan dan kehormatan yang bernilai ibadah.

"Termasuk pelaksaan Pemilu merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan untuk mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa. Capailah ridho Allah SWT. dan laksanakan tugas dengan ikhlas ini merupakan kebanggaan kita karena diberikan kepercayaan semoga tugas ini bernilai ibadah," imbuhnya. [RIS]