Personel Korem Dites Urin, Danrem Ingatkan Sanksi bagi Prajurit Melanggar dan Reward yang Ungkap Narkoba

Iklan Semua Halaman

.

Personel Korem Dites Urin, Danrem Ingatkan Sanksi bagi Prajurit Melanggar dan Reward yang Ungkap Narkoba

Kamis, 28 Maret 2019
Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han Menyampaikan Sambutan ssat Sosialisasi P4GN di Aula Sudirman Makorem 162/WB.


Mataram, Berita11.com  Korem 162/WB menggelar sosialisasi upaya pencegahan, pemberatasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba (P4GN) di Aula Sudirman  Makorem 162/WB, Kamis (28/3/2019).  Kegiatan diikuti seluruh personel Korem jajaran seluruh Garnizun Mataram.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han dalam sambutan menyampaikan perkembangan teknologi telah meberikan dampak positif dan negatif ditambah lagi persaingan antarnegara yang kurang sehat dengan melemahkan negara lain melalui Narkoba.

“Kita ketahui bersama bahwa Narkoba ini tidak hanya digunakan oleh orang yang memiliki ekonomi kelas atas, namun juga sudah menyasar ekonomi kelas bawah hingga ke pedesaan," ujar Danrem.

Menurutnya, hal itu dilakukan sebagai salah satu cara untuk mencapai tujuan yang ingin menguasai suatu bangsa, tak terkecuali Indonesia. Untuk itu, sambung orang nomor satu di jajaran Korem tersebut, satuan jajaran TNI secara terus menerus dan konsisten melawan dan memerangi Narkoba, salah satunya dengan cara memberikan penyuluhan dan tes urine terhadap seluruh prajurit  agar terhindar dari bahaya Narkoba.

“Sanksi yang diberikan kepada prajurit dan PNS TNI yang secara sah dan menyakinkan menggunakan apalagi mengedarkan Narkoba sangat berat hingga dikeluarkan dari kedinasan sebagai anggota TNI atau pemecatan dengan tidak hormat," tegasnya.

Dijelaskannya, program yang sama juga dilaksanakan di satuan Kodim-Kodim jajaran sebagai upaya untuk meminimalisasi dan mencegah penggunaan dan peredaran Narkoba di lingkungan Prajurit khususnya jajaran Korem 162/WB.

Selain itu, Danrem 162/WB juga menekankan agar para prajurit, keluarga dan lingkungannya mampu menjaga dan membentengi diri dari bahaya Narkoba sehingga tidak menjadi korban yang sia-sia dari barang haram tersebut.

Botol Hasil Tes Urin Personil TNI di Makorem 162/WB.

Mengakhiri sambutannya, alumni Akmil 1993 tersebut mengajak dan menginstruksikan bersama menyatakan perang terhadap Narkoba.

“Saya akan memberikan bonus dan penghargaan bagi personel jajaran Korem 162/WB yang berhasil mengungkap upaya penyalahgunaan dan peredaran Narkoba di wilayah Korem 162/WB,” pungkasnya.

Sosialisasi Narkoba disampaikan oleh dr  Pipin Fauziah dan dr  Dina Risna Gusmayanti dari Denkesyah 09.04.02/Mataram.

keduanya menjelaskan tentang beberapa jenis-jenis Narkoba yang banyak beredar di masyarakat antara lain sabu-sabu, heroin, ganja, kokain, ekstasi, inhalants dan erimin yang dilengkpai dengan contoh-contoh bentuknya yang sering diedarkan.

Kegiatan sosialisasi dihadiri para Kasi Korem 162/WB, Danyonif 742/SWY, Dan/Ka/Pa Satdisjan Korem 162/WB serta seluruh prajurit dan PNS jajaran Korem 162/WB. [MR]