Ratusan Rumah Warga di Kecamatan Woja Terendam Banjir

Iklan Semua Halaman

.

Ratusan Rumah Warga di Kecamatan Woja Terendam Banjir

Minggu, 17 Maret 2019
Banjir saat masuk di pemukiman warga. Foto Rif

Dompu, Berita11.com - Ratusan rumah warga berbagai desa dan kelurahan di wilayah Kecamatan Woja Kabupaten Dompu terendam banjir, Sabtu (16/3/2019) petang.  Namun demikian warga memilih untuk tetap bertahan di rumah masing-masing.

Air mulai masuk kepemukiman warga sekira pukul 18.00 Wita dengan ketinggian mencapai 1,5 hingga 3 Meter. Banjir ini disebabkan hujan yang mengguyur Dompu sejak pukul 11.00 Wita siang. Air yang menggenangi rumah warga merupakan banjir kiriman dari Dam Raba Baka.

"Banjir mulai masuk ke rumah kami sekitar magrib tadi dan alhamdulillah sekarang sudah mulai surut," kata Salahudin Ahmad, warga Kelurahan Monta Baru.

Di tempat yang berbeda, salah satu warga Dusun Bolo Desa Baka Jaya Jafar H Arsyad mengatakan bahwa luapan banjir melewati bronjong, kemudian meluber ke kepemukiman warga.

"Khusus di sini, RT 14 ketinggian banjir mencapai 2 meter, jumlah rumah yang terendam banjir ada sekitar 50 rumah," kata dia.

Secara terpisah Kepala Desa Matua Gunawan, S.Sos yang ditemui Berita11.com di lokasi, menjelaskan puluhan rumah warga setempat yang terendam banjir.

Salah satu rumah warga saat digenangi air. Foto Rif

"Dusun Rasangaro Timur ada sekitar 49 rumah dan Rasangaro Barat 38 rumah yang terendam banjir, namun tidak ada yang korban jiwa hanya saja korban materi berupa TV, kulkas, pokoknya barang elektronik lainnya. Selain itu, surat surat yang berharga semuanya terendam banjir," katanya.

Sementara itu, Camat Woja Risman SE memaparkan data sementara yang dia terima sejumlah rumah yang terendam banjir khusus di Kelurahan Montabaru.

"Jumlah rumah yang tergenang air di Lingkungan 1, sebanyak 28, rumah Lingkungan 2, sebanyak 75, Lingkungan 3, 30, Lingkungan empat 59, Lingkungan lima 30, dan Lingkungan enam 48. Selain itu, Sapi 3 ekor, satu unit sepeda motor vixsion," papar Camat Woja.

Untuk sementara, lanjut Risman, bantuan yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu baru makanan ringan atau snack.

"Untuk bantuan sementara dari BPBD baru mie instan 50 dus untuk desa matua dan 100  dus untuk kelurahan monta baru. Kalau untuk bantuan obat obatan belum ada mungkin besok akan ada bantuan obat obatan," terang Risman. [Rif]