Rumah tak Layak Huni Dibedah Satgas TMMD Kodim 1614/ Dompu, ini Ungkapan Hati Aksa Sutarman

Iklan Semua Halaman

.

Rumah tak Layak Huni Dibedah Satgas TMMD Kodim 1614/ Dompu, ini Ungkapan Hati Aksa Sutarman

Redaksi Berita11
Minggu, 03 Maret 2019
Komandan Satgas TMMD ke-104 Wilayah Kodim 1614/ Dompu saat Meninjau Langsung Lokasi Rumah Warga Dusun Mujur Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu yang Akan Direhab. Foto RIS


Dompu, Berita11.com— Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019  yang diselenggarakan oleh Kodim 1614/Dompu merupakan suatu berkah bagi warga yang tinggal di Desa Tekasire dan Desa Lanci Jaya Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu.

Terpilihnya dua Desa ini tentunya mempunyai beberapa alasan yang kuat jika dibandingkan dengan sejumlah desa yang ada di seluruh Kabupaten Dompu. Dengan kondisi infrastruktur dua desa tersebut masih banyak yang kurang, kehadiran Satgas TMMD Kodim 
1614/Dompu disambut sukacita oleh warga setempat.

Selain membuka jalan baru, pembuatan jembatan, pasang talut, gorong gorong, deker, memperbaiki musala dan sejumlah kegiatan fisik lain. Satgas TMMD ke-104 Kodim 1614/Dompu juga mempunyai sasaran tambahan yakni membongkar rumah salah satu warga miskin yang tidak layak huni. Rumah tersebut dibangun kembali sehingga menjadi rumah layak ditempati.

Kehadiran Satgas TMMD sangat berarti bagi masyarakat, seperti yang menjadi rasa haru serta bahagia Aksa Sutarman, pria 27 tahun warga Dusun Mujur Desa Lanci Jaya yang sebentar lagi rumahnya akan disulap oleh Satgas TMMD.

Sebelumnya,  rumahnya bisa dibilang gubuk yang hanya berukuran 4x4 meter. Sesuai rencana Satgas TMMD, rumah tersebut akan direhab menjadi rumah layak huni dengan ukuran 4x9 meter.

“Saya terharu, saya sedih, saya nggak nyangka di TMMD ini saya bisa dapat bedah rumah. Saya sangat berterima kasih banyak pada pihak TNI lebih khusus Pak Dandim 1614/Dompu semoga bapak bapak TNI diberikan kemudahan serta kesehatan dalam menjalankan tugasnya,”  ungkap Aksa Sutarman dengan wajah sedih bercampur haru, ketika ditemui Berita11.com.

Aksa merupakan salah satu warga miskin yang menerima bantuan bedah rumah dari Satgas TMMD ke-104 yang diselenggarakan Kodim 1614/Dompu. Pria yang sedikit terbelakang mental ini  kesehariannya bekerja sebagai petani.

Ia mengaku  bantuan bedah rumah yang diterimanya sebagai berkah yang tidak terduga dari Allah melalui Satgas TMMD ke-104.

“Ya Allah, saya tidak bisa berucap apalagi. Ini bagian rejeki saya melalui aparat TNI ini. Awalnya ukuran bantuan bedah rumah saya 4×6 tapi setelah datang Pak Dandim. Setelah dilihat dan dihitung beliau tambahkan ukurannya menjadi 4×9 meter termasuk sampai ke dapur,” ucap dia pada Berita11.com.

Sementara, Kepala Dusun Mujur Desa Lanci Jaya, Umar mengatakan, program TMMD sangat meringankan beban warga lebih khusus warga yang ada Dusun Mujur.


“Saya sebagai Kepala Dusun Mujur sangat bersyukur terhadap aparat TNI dengan program ini sangat membantu warga khususnya di Dusun Mujur,” ungkap Umar.

Diakuinya, program TMMD tidak hanya membangun Infrastruktur saja, melainkan melatih tata cara masyarakat untuk meningkatkan kesadaran salah satunya pentingnya gotong royong, silaturahmi dan berbagai kegiatan positif lainnya.

Umar berharap program TMMD berjalan lancar tanpa ada halangan hingga tuntas sesuai menjadi target Satgas TMMD.

“Apa yang menjadi harapan kami bisa terselesaikan semua dan semoga tahun-tahun yang akan datang ada lagi program seperti ini karena masyarakat sangat membutuhkan,” harapnya. [RIS]