Sejumlah Kelurahan di Kota Bima Tergenang Banjir, Jalan Raya Ditutup

Iklan Semua Halaman

.

Sejumlah Kelurahan di Kota Bima Tergenang Banjir, Jalan Raya Ditutup

Kamis, 28 Maret 2019
Luapan Banjir di Jalan Gajah Mada Kota Bima di Depan Bolly Pukul 17.00 Wita, Kamis (28/3/2019). Aparat Polantas Polres Bima Kota Terpaksa Menutup Jalur ini Karena Dikuatirkan Berbahaya untuk Pengendara.


Kota Bima, Berita11.com— Hujan deras yang mengguyur Kota Bima lebih kurang dua jam menyebabkan sejumlah pemukiman warga di beberapa kelurahan tergenang banjir, Kamis (28/3/2019) sore.

Pantauan Berita11.com, sejumlah pemukiman warga yang tergenang banjir yaitu Kelurahan Nae Kecamatan Rasanae Barat, Kelurahan Dara dan Lingkungan Salama tepatnya jalan raya depan Bolly Departemen Store dan Penatoi Kota Bima. Namun di Kelurahan Dara luapan banjir lebih awal surut pasca redanya hujan deras.

Sebelumnya, hujan deras mulai mengguyur Kota Bima sekira pukul 13.30 Wita. Beberapa ruas jalan protokol tergenang air hujan dan banjir seperti di bekalang Masjid Raya Al Muwahiddin.

Pedagang buah di depan Bolly di Lingkungan Salama Kota Bima, Suryanto mengaku terpaksa menutup dagangannya lebih awal karena kuatir luapan banjir terus bertambah tinggi.  “Kita lihat banjir masih terus meluap. Terpaksa tutup lebih awal kalau begini,” ujarnya kepada Berita11.com di lokasi.

Hal yang sama juga dilakukan pedagang lainnya di lokasi yang sama, Rukmini. Beberapa pedagang kaki lima bahkan terpaksa meninggalkan tempat dagagannya karena kuatir banjir terus meluap.

Tepat di persimpangan empat depan Toko Grand Data Computer (GDC) Salama, aparat Satuan Lalu Lintas Polres Bima Kota menutup ruas jalan yang menuju arah timur di Jalan Gajah Mada Kota Bima karena tingginya luapan banjir di depan Bolly dan Toko Sepatu. Lalu lintas dialihkan ke arah kanan menuju Jalan Soekarno Hatta di Lingkungan Pane.

Tak hanya merendam pemukiman warga di Kelurahan Nae, banjir juga terlihat menggenangi halaman SDN 45 Kota Bima di Kelurahan Pane Kota Bima.

Pada bagian lain, sejumlah aparat seperti personel BPBD Kota Bima melakukan pemantauan kondisi sejumlah kelurahan pasca hujan deras di Kota Bima. Sementara itu, pasca hujan deras, Dandim 1608/ Bima, Letkol Inf. Bambang Kurnia Eka Putra terlihat melaksanakan monitoring di Kelurahan Jatiwangi Kota Bima yang berpotensi sebagai sasaran luapan banjir.

Hingga kini belum diperoleh laporan lengkap dari BPBD Kota Bima terkait dampak luapan banjir dan jumlah kelurahan yang terdampak.

Pantauan Berita11.com di Lingkungan Samporo Bedi Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda Kota Bima, aliran banjir dari Wawo yang menuju alur Sungai Padolo masih tinggi dan nyaris mencapai bibir atas sungai. [US/AD]


Foto-foto kondisi luapan banjir di Kota Bima

Ketinggian Air di Sungai Lingkungan Samporo Kelurahan Manggemaci Kota Bima. Foto US Berita11.com.

Aparat Kepolisian Menutup Ruas Jalan Menuju Arah Timur di Jalan Gajah Mada Lingkungan Salama Depan Bolly. Foto US