Siapkan Pengadaan Buku Rp225 Juta, DPAD akan Berdayakan Penulis Lokal

Iklan Semua Halaman

.

Siapkan Pengadaan Buku Rp225 Juta, DPAD akan Berdayakan Penulis Lokal

Redaksi Berita11
Senin, 04 Maret 2019
Suasana Kunjungan di Perpustakaan Kota Bima. 


Kota Bima, Berita11.com— Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Bima menyiapkan pengadaan buku senilai Rp225 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2019.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima, Drs H Mahfud M.Pd mengatakan, rencana pengadaan buku senilai Rp225 juta untuk mengganti koleksi perpustakaan setempat yang rusak direndam banjir tahun 2016 silam.  “Untuk rencana pengadaan buku itu bersumber dari dana alokasi khusus. Nanti digunakan untuk pengadaan berbagai judul buku,” ujar Drs H Mahfud M.Pd di DPAD Kota Bima, kemarin.

Dikatakannya pada pengadaan buku 2019, DPAD Kota Bima juga akan memberikan kesempatan bagi penulis lokal untuk menyerahkan bukunya pada perpustakaan setempat. 

“Ini juga menjadi kesempatan bagi penulis lokal. Kita berdayakan penulis-penulis lokal kita,” ujarnya.

Selain itu katanya, pengadaan buku juga disesuaikan dengan kebutuhan pengunjung terhadap jenis dan judul buku. Sebelumnya DPAD Kota Bima telah membuat nota kesepahaman (Mou) dengan sejumlah kampus di Kota Bima, sehingga para mahasiwa akan memaksimalkan fungsi Perpustakaan Kota Bima sebagai sumber bahan literatur.

“Jadi kita juga menanyakan kebutuhan-kebutuhan buku mahasiswa. Kita sesuaikan dengan kebutuhan sumber bahan bacaan mereka. Insya Allah pelayanan Perpustakaan Kota Bima semakin lebih baik,” ujarnya.

Untuk mendukung peningkatan pelayanan, Februari 2019 kemarin DPAD Kota Bima mengutus 10 orang tenaga dinas setempat untuk meningkatkan pelayanan melalui studi tiru di Perpustakaan Nasional Jakarta.

“Untuk angka kunjungan semakin lebih baik. Karena kemarin kita melakukan kerjasama dengan kampus. Mahasiswa rutin (datang) itu yang terpenting. Kendala utama kita adalah kantor representasi, tapi sudah kita usulkan ke pusat,” ujar mantan Kepala Satuan Pol PP Kota Bima ini. [US/*]