SMPN 2 Wera Canangkan Sekolah Berwawasan Lingkungan

Iklan Semua Halaman

.

SMPN 2 Wera Canangkan Sekolah Berwawasan Lingkungan

Selasa, 26 Maret 2019
Para Pelajar SMPN 2 Wera Foto Bersama saat akan Melaksanakan Penanaman Bibit Pohon dan Buah di Sekolah Setempat, Selasa (26/3/2019). 


Bima, Berita11.com— Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Wera Kabupaten Bima mencanangkan sekolah berwawasan lingkungan. 500 bibit pohon disalurkan ke sekolah setempat. Penyaluran bibit pohon dilaksanakan berkat kerjasama alumni dan sekolah serta  BKPH Maria Donggomasa.

Serah terima bibit pohon dilakukan di pelataran SMPN 2 Wera oleh Ahmad Joni dari Dinas Kehutanan sekaligus mewakili BKPH Maria Donggomasa kepada alumni SMP 2 Wera. Selanjutnya alumni menyerahkan kepada Kepala SMPN 2 Wera, Andi Irawan, S.Pd,. M.Pd.

Andi Irawan mengatakan, program rintisan sekolah berwawasan lingkungan diharapkan menjadi pemantik kesadaran dan kecintaan pada lingkungan yang asri dan harmoni bagi warga sekolah.

Menurutnya, sekitar 20 tahun yang lalu sekolah setempat pernah menjadi salahsatu destinasi wisata. Dengan dicanangkan sekolah berwawasan lingkungan tersebut diharapkan ke depan akan mengembalikan seperti kondisi semula.

“Di samping itu, kami juga giat menumbuhkan rasa kecintaan warga sekolah terhadap lingkungan, mengolah halaman sekolah dengan menanam berbagai bibit pohon dan sayur mayur disertai dengan penanaman semangat untuk berwirausaha,” ujarnya.

Sementara itu, alumnus angkatan ke-3 SMPN 2 Wera, Saiful Salim, S.Sos merasa bahagia dan bangga melihat kemauan mulia kepala sekolah setempat membangun dan memajukan sekolah.

Kata dia sudah ada sejumlah terobosan dan inovasi yang dilakukan sekolah di bawah kepemimpinan Andi Irawan.


“Sebagai alumni kami merasa terpanggil untuk membantu kepala sekolah yang berpikiran terbuka melaksanakan tugas pengabdian percepatan pembangunan sekolah yang berwawasan lingkungan,” katanya.

Saiful yang juga pendamping lokal desa mengatakan para alumni akan terus ikut bahu-membahu dalam membangun kemitraan yang baik dengan sekolah dan semua pihak lainnya untuk menyongsong kemajuan sekolah. Meskipun sejauh ini para alumni baru berkesempatan membantu pengadaan bibit pohon dan pipa air meski masih kurang dari target.

“Semoga ke depan kemajuan bisa digapai segera dan dapat menjadi sekolah yang memiliki kawasan ramah lingkungan, ramah anak serta memiliki kawasan wisata sekolah,” ujarnya.

Kepala BKPH Maria Donggomasa Ahyar HMA, S Hut menuturkan, pihaknya ingin menumbuhkan kesadaran siswa untuk terus belajar mencintai lingkungan dengan mendistribusikan bibit, mengajak serta menyiapkan bibit pohon buah, marawat tanaman-pepohonan, mengelola tanaman sayur serta hal lainnya yang berhubungan dengan ramah alam dan lingkungan.

Kepala BKPH Maria Donggomasa diwakili Kepala Seksi Perencanaan dan Pemanfaatan Hutan dan Pemberdayaan Masyarkat Ahmad Joni S. Hut dan kepala resort Wera Hananto SP, dan beberpa staf BKPH MDm dan Staf Resort Wera.

Melalui kemitraan dengan alumni SMPN 2 Wera menyerahkan bibit bibit pohon seperti kemiri, mahoni dan asam nangka, dan srikaya. [RD]