Suka Duka Satgas TMMD ke-104 Wilayah Kodim 1614/ Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Suka Duka Satgas TMMD ke-104 Wilayah Kodim 1614/ Dompu

Senin, 04 Maret 2019
Selain Membangun Komunikasi saat Melaksanakan Pekerjaan Fisik Target TMMD, Anggota Satgas juga Tetap Melaksanakan Diskusi Ringan saat Makan Bersama Masyarakat. Hal ini Semakin Menyatukan TNI dan Rakyat.



Dompu, Berita11.com— Setelah dibuka oleh Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin dan Danrem 162/ Wira Bhakti dan disaksikan ribuan peserta upacara,  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Tahun 2019 Wilayah Kodim 1614/ Dompu masih berlangsung. Sejak itu pula anggota Satuan Tugas (Satgas) TMMD melaksanakan kegiatan bersama termasuk berbaur di tengah masyarakat.

Sejak itu pula, sebagian anggota Satgas TMMD untuk sementara meninggalkan anak, istri dan kerabatnya di rumah demi melaksanakan tugas mulia membangun kemanunggulan TNI bersama rakyat.

Di balik pengabdian itu, terselip banyak suka yang dirasakan anggota Satgas TMMD ke-104 Tahun 2019 Wilayah Kodim 1614/ Dompu, termasuk yang dirasakan anggota Satgas, Sertu Hamzah.

Sebelum memulai dan sesudah mengakhiri aktivitas bersama, anggota Satgas TMMD selalu meluangkan waktu untuk diskusi bersama masyarakat di lokasi sasaran, seraya menyisipkan materi komunikasi sosial (Komsos).

“Kalau ditanya duka, itu banyak  sukanya hampir semua sukanya. Kita bisa berdiskusi bersama masyarakat di sini,” ujar Sertu Hamzah.

Selain berdiskusi bersama sambil meminum kopi bersama, terkadang masyarakat dan anggota Satgas berbagi rokok. Hal itu semakin mempererat hubungan antara TNI dan rakyat.

“Kadang kita diberikan rokok oleh masyarakat atau sebaliknya. Banyak hal positif yang terbangun saat ngopi sambil berdiskusi dengan masyarakat,” ujarnya.

Selain dari Koramil Manggelewa, sebagian anggota Satgas TMMD yang bertugas di Dusun Doro Mbe’e berasal dari wilayah sekitar. Ada juga yang berasal dari Kodim 1614/ Dompu, dari Kecamatan Woja dan Kecamatan Pekat. Sebagian besar menginap di rumah warga, namun ada pula yang bolak-balik karena pertimbangan lokasi yang dekat.

Kebersamaan yang paling melekat di hati anggota Satgas TMMD, masyarakat di lokasi sasaran juga secara sukarela menyediakan rumah mereka sebagai tempat penginapan anggota Satgas dan makanan untuk personel TNI yang melaksanakan tugas tersebut.

Hal yang sama juga dikatakan Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) Satgas TMMD ke-104 Wilayah Kodim 1614/ Dompu, Kapten Inf Mujiono.  “Semuanya lebih banyak sukanya karena kita bisa bersama masyarakat,” ujarnya di lokasi TMMD.

Kepala Dusun Doro Mbe’e Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, Syafruddin mengatakan,  khusus di dusun setempat terdapat lima rumah warga yang menjadi tempat menginap anggota Satgas TMMD.

“Masyarakat di sini menyambut bahagia kehadiran TMMD. Mungkin kalau tanpa adanya program TMMD ini, maka penyelesaian musala dan pembukaan akses jalan ekonomi belum dapat terwujud. Bahkan sebelum kami sudah pernah memasukan proposal untuk kelanjutan pembangunan musala, namun baru dapat dirampungkan saat adanya TMMD ini,” ujarnya. 

Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) Satgas TMMD ke-104 Wilayah Kodim 1614/ Dompu, Kapten Inf Mujiono Selalu Menyemangati Anggota Satgas yang Melaksanakan Tugas Program TMMD di Wilayah Manggelewa. Foto US.

Dusun Doro Mbe’e Desa Lanci Jaya adalah dusun yang berada lebih kurang 7 kilometer dari Jalan Negara di Cabang Soriutu Kecamatan Manggelewa. Dusun ini dikelilingi sawah dan tanah tegalan milik petani. Selain itu, tak berada jauh dari gunung. Untuk menuju dusun ini melewati jalan yang sedikit bergelombang, sebagian belum diaspal. Beberapa ternak dan padang hijau layaknya pemadangan sebuah desa menjadi penghias mata ketika memasuki dusun ini. [US]