Terimakasih TNI, TMMD ke-104 Wujudkan Harapan Masyarakat

Iklan Semua Halaman

.

Terimakasih TNI, TMMD ke-104 Wujudkan Harapan Masyarakat

Redaksi Berita11
Jumat, 08 Maret 2019
KAUR Perencanaan Pemerintah Desa Tekasire Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, M Jaitun. Foto Syarif Berita11.com.


Dompu, Berita11.com--  Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 tahun 2019 wilayah Kodim 1614/ Dompu sangat membantu masyarakat dan pemerintah desa dalam mewujudkan harapan warga. Hal tersebut dirasakan Pemerintah Desa Tekasire Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu.

Kepala Urusan Perencanaan Pemerintah Desa Tekasire, M Jaitun, mengatakan pembukaan jalan ekonomi 2.000 meter, pembuatan dua jembatan dan gorong-gorong di desa setempat sangat membantu masyarakat.

Umumnya masyarakat Desa Tekasire, 90 persen merupakan petani sehingga sangat membutuhkan akses jalan ekonomi yang telah dibuat oleh Satgas TMMD ke-104 tahun 2019.

Menurut M Jaitun,  keberadaan program TMMD membantu mewujudkan program fisik yang belum mampu terakomodir dalam Alokasi Dana Desa (ADD) Tekasire Kecamatan Manggelewa.

"Sangat membantu sekali karena ADD desa kami terbatas, sehingga dengan adanya program TMMD ini bisa mewujudkan harapan di desa di sini terutama untuk pembuatan jalan ekonomi," ujar M Jaitun kepada Berita11.com di Desa Tekasire, Jumat (8/3/2019).

Ia berharap ada kelanjutan program TMMD karena manfaatnya sangat positif dirasakan oleh masyarakat. Selain kegiatan fisik, Satgas TMMD ke-104 berhasil membangkitkan kembali nilai-nilai gotong royong di tengah masyarakat yang mulai pudar.

"Masyarakat kami di sini setiap hari membagi tugas 10 orang per hari sampai di atas 10 orang bekerja bersama Satgas TMMD," ujarnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Tekasire, Ridwan berharap ada kelanjutan program TMMD.

Salah satu harapan masyarakat Desa Tekasire yang umumnya petani yaitu adanya program ekstensifikasi lahan pertanian melalui program cetak sawah baru. Karena umumnya masyarakat Desa Tekasire adalah petani seperti petani jagung dan padi.

"Di desa kami belum pernah mendapatkan program pencetakan sawah baru. Harapannya kalau belum diwujudkan sekarang, pihak Pemda bisa menfasilitasinya," harapnya.

Pihaknya menyampaikan apresiasi khusus kepada Dansatgas TMMD ke-104 atas pelaksanaan TMMD di desa setempat. [US]