Tingkatkan Pemahaman Pemungutan dan Penggitungan Suara Pemilu 2019, KPU Dompu Gelar Bimtek dan Simulasi

Iklan Semua Halaman

.

Tingkatkan Pemahaman Pemungutan dan Penggitungan Suara Pemilu 2019, KPU Dompu Gelar Bimtek dan Simulasi

Minggu, 24 Maret 2019

 
Suasana Bimtek pemungutan dan penghitungan serta Rekapitulasi suara dalam pemilu serantak 2019 di Hotel Balumba - Lakey Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Salah satu permasalahan yang sering dijumpai pada Pemilihan Umum (Pemilu) yang cukup krusial adalah saat pemungutan dan penghitungan suara. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu tingkatkan pemahaman dan penyamaan persepsi tentang proses pemungutan dan penghitungan serta rekapitulasi suara pada Pemilu serentak 2019 nanti melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Simulasi pemungutan dan penghitungan suara.

Bimtek dan Simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini tengah berlangsung di Hotel Balumba Lakey Kecamatan Hu’u selama dua hari dimulai Sabtu (23/3/2019) hingga hari ini, Minggu (24/3/2019). Sementara peserta Bimtek terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Dompu.

Kepala Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM-ParMas) Yaser, S.Sos menyebutkan, Bimtek dan Simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini bisa menjadi pembelajaran sekaligus mematangkan persiapan penyelenggara dalam menghadapi Pemilu serentak 2019  nanti.

“Kegiatan ini supaya teman-teman PPK betul-betul punya kamampuan dan kesamaan pendapat dalam melaksanakn tugas-tugasnya pada saat pemungutan dan penghitungan suara pada 17 April nanti,” imbuhnya.

Dikatakannya, materi bimtek terkait dengan kegiatan pilpres, pemilu legislatif (DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota) serta Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Selain itu ada penambahan jumlah parpol peserta pemilu menjadi 16 parpol.

“Adapun materi yang disampaikan oleh komisioner pada sa'at bimtek yaitu tentang Integritas dan profesinalitas penyelenggara pemilu. Selain itu, Tata cara rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kecamatan dan penyelesaian sengketa,” ungkap dia.

“Selanjutnya materi simulasi pengisian form C. I. dan terakhir materi simulasi pemungutan dan penghitungan suara di tiap-tiap TPS,” sambung dia.

Divisi SDM dan Parmas ini kembali menegaskan, jajaran PPK harus betul-betul memahami dan menguasai materi dan simulasi dalam pengumutan dan penghitungan suara, karena PPK lah yang Membimtek anggota PPS dan KPPS nantinya.

“Semua penyelenggara di tingkat KPU seperti PPK, PPS dan Juga KPPS harus betul-betul memahami tatacara pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS dan rekapitulasi di ditingkat PPK. sesuai yang diatur di PKPU Nomor 3 dan Nomor 4,” tegasnya. [RIS]