Wujudkan Karakter Siswa Berbasis Bela Negara BKBP Gelar Sosialisasi

Iklan Semua Halaman

.

Wujudkan Karakter Siswa Berbasis Bela Negara BKBP Gelar Sosialisasi

Abank poris
Rabu, 06 Maret 2019
Saat kegiatan Sosialisasi bela Negara di SMAN 1 Pajo Foto Ist

Dompu, Berita11 Com - Demi mewujudkan sikap atau karakter siswa yang berbasis bela Negara. Pemerintah Kabupaten Dompu melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (BKBP) menggelar sosialisasi di tingkat pelajar baik SMAN, SMA maupun SMK di seluruh Kabupaten Dompu.

Seperti yang dilakukan di salah satu SMAN 1 Kecamatan Pajo kemarin, Selasa (05/03/2019) pagi sekira pukul 09.00 Wita.

Sosialisasi bela Negara yang berlangsung di aula sekolah tersebut dihadiri beberapa lembaga insitusi yang menjadi narasumber yakni TNI Kodim 1614/Dompu, Kepolisian Resor Dompu, Kementrian Agama Kabupaten Dompu, Kesbanglinmas dan diikuti oleh sejumlah guru para siswa dan siswi sekolah tersebut.

Kepala SMA 1 Pajo Abdul Rafik S.Pd, M.Pd mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan mutu karakter dan watak yang baik dalam segi pendidikan dan berjiwa membela negara selain itu, mereka bisa lebih memahami tentang kenegaraan seperti melawan hukum, kriminal serta kenakalan kenakalan lainya.

"Untuk itu pemerintah membutuhkan kader kader yang mampu untuk memerangi hal hal yang tidak diinginkan serta yang bisa merusak generasi bangsa," jelas dia pada Berita11.com di ruang kerjanya, Rabu (6/3/2019) pagi.

Dengan hadirnya sosialisasi bela Negara ini, lanjut Abdul Rafik, pihaknya mengapresiasi positif dan bersyukur terhadap pemerintah dengan sosialisasi tersebut anak anak didiknya lebih mengetahui bagaimana bersikap membela Negara dan menghormati aturan atau Undang - undang yang berlaku.

"Kami selaku pendidik (guru, red) yang ada di SMAN 1 Pajo berterima kasih terhadap pihak pemerintah melalui kegiatan sosialisasi bela Negara ini generasi penerus bangsa seperti siswa dan siswi bisa lebih memahami tentang hidup dalam bernegara dan bisa menghindari hal hal yang  melawan hukum," bersyukurnya.

Secara terpisah, Kepala Badan Kepagawaian Daerah(BKD) H, Burhan SH menjelaskan, kegiatan itu penting dilakukan khususnya kepada siswa dan siswi, sejak usia remaja mereka harus tau tata cara kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kegiatan ini kami lakukan di tingkat sekolah, agar tercipta kader pertahanan negara dalam bentuk pembinaan anak, terutama dalam hal pencegahan bahaya narkoba, radikalisme perkelahian kriminal yang bertentangan dengan kenegaraan," ujarnya

Dikatakan Burhan, kegiatan yang sudah berlangsung di SMAN 1 Pajo kemarin merupakan kali keduanya setelah dilakukan di SMA Tridarma Kosgoro pada bulan lalu.

"Untuk kedepanya kami sudah menjadwalkan sekolah mana saja selanjutnya dilakukan sosialisasi dan kegiatan ini sudah dijadwalkan akan terus berlangsung selama satu tahun," papar dia.

Seluruh Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) akan ikut serta dalam kegiatan tersebut termasuk pimpinan Bumi Nggahi Rawi Pahu Drs. H. Bambang M. Yasin ikut serta masuk ke tiap tiap sekolah, Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kajari, Dandim, Ketua Pengadilan, Kapolres. Sejumlah nama ini adalah merupakan tim dalam kegiatan sosialisasi bela Negara. [AF]