Akademisi STIH Muhammadiyah Bima Imbau Peserta Pemilu Menunggu Hasil KPU

Iklan Semua Halaman

.

Akademisi STIH Muhammadiyah Bima Imbau Peserta Pemilu Menunggu Hasil KPU

Senin, 22 April 2019
Akademisi STIH Muhammadiyah Bima, Dr Ridwan SH MH. 


Bima, Berita11.com Akademisi Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima, Dr. Ridwan, S.H., M.H mengimbau semua peserta Pemilu agar menunggu hasil penetapan resmi oleh penyelenggara resmi yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal tersebut merespon munculnya klaim-klaim sepihak dan euforia lebih dini berkaitan Pemilu 2019 yang berpotensi memantik reaksi berlebihan yang bersifat provokatif.

“Peserta pemilu sebaiknya menunggu hasil penetapan resmi oleh penyelenggara yang resmi, pada momentum inilah keluhuran etika politik perlu dijunjung tingggi, dengan tidak menyebarkan narasi argumentasi yang sifatnya provokatif dan melampaui penetapan lembaga resmi,” ujar Dr. Ridwan, S.H., M.H kepada Redaksi Berita11.com, Senin (22/4/2019).

Dr Ridwan memberikan tiga catatan berkaitan pelaksanaan Pemilu 2019. Menurutnya, menanggapi pesta demokrasi Indonesia yang baru saja berlangsung yaitu pungut suara, maka semua pihak patut bersyukur bahwa pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 lalu dan pasca kegiatan itu secara umum bejalan lancar.

“Semua pihak patut mendapat apresiasi, termasuk aparat, penyelenggara, peserta, dan lebih lebih masyarakat umum ikut menjaga kedamaian pasca Pemilu,” kata pengamat politik yang juga Ketua Program Studi Ilmu Hukum STIH Muhammadiyah Bima ini.

Dr Ridwan juga memberikan catatan agar penyelenggara terus bekerja secara (maksimal) dengan senantiasa menjunjung tinggi asas, prinsip dan tujuan Pemilu. Menghalau setiap tekanan yang menjerumsukan penyelenggara dengan keluhuran dan keutamaan moral. 

“Walau harus diakui Pemilu serentak 2019 ini sangat rumit dan mengandung kelemahan di sana sini,” ujarnya. [AD]