Bawaslu Kota Bima Simpulkan Kasus Dugaan Chat WAG tidak Memenuhi Unsur Tipilu

Iklan Semua Halaman

.

Bawaslu Kota Bima Simpulkan Kasus Dugaan Chat WAG tidak Memenuhi Unsur Tipilu

Kamis, 11 April 2019
Ketua Bawaslu Kota Bima, Muhaemin S.Pd.I


Bima,Berita11.com— Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) telah melaksanakan pleno terhadap laporan LSM Ksatria Muda berkaitan kasus dugaan chat WAG Pilpres 2019, Rabu (10/4/2019). Penanganan kasus tersebut dihentikan karena tidak memenuhi syarat dilanjutkan.

Ketua Bawaslu Kota Bima, Muhaemin S.Pd.I mengatakan penghentiaan kasus setelah dilakukan kajian dan pleno berkaitan kasus tersebut.

“Hasil kajian  status laporan tersebut  dihentikan dan tidak dapat ditindaklanjuti karena laporan yang diberikan tidak memenuhi unsur-unsur pelanggaran Pemilu sebagaimana tertuang dalam aturan,” katanya di Bawaslu Kota Bima, Rabu (10/4/2019).

Diakuinya, sebelumnya Bawaslu Kota Bima telah melaksanakan pleno berkaitan laporan dugaan pelanggaran Pemilu atas dugaan ketidaknetralan anggota  Polri sebagaimana tangkapan layar (screen shoot) chat WAG Pilpres 2019 yang beredar.

Muhaemin menjelaskan, karena tidak cukup bukti, Bawaslu setempat juga sudah menerbitkan keputusan tentang penghentian penanganan laporan tersebut.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, LSM Ksatria Muda menyampaikan laporan kepada Bawaslu Kota Bima terkait dugaan pelanggaran Pemilu atas beredarnya tangkapan layar chat WAG Pilpres 2019 yang diduga berisi penggalangan dukungan untuk calon presiden nomor urut 1 Jokowi-KH Ma’ruf Amin oleh anggota Polres Bima Kota. [AD]