Bupati Bima Imbau Warga Taat Membayar Pajak Ranmor

Iklan Semua Halaman

.

Bupati Bima Imbau Warga Taat Membayar Pajak Ranmor

Jumat, 12 April 2019
Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE Menyampaikan Sambutan.



Bima, Berita11.com— Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE mengimbau masyarakat agar taat membayar pajak kendaraan bermotor (Ranmor). Imbauan tersebut disampaikannya saat Pekan Panutan Pajak 2019 Samsat Goes to School yang dilaksanakan di halaman SMAN 1 Woha, Kamis (11/4/2019). 

Dikatakannya, pajak merupakan hal yang sangat penting bagi negara Indonesia. Pajak memberikan kontribusi besar bagi keberlangsungan kehidupan di negara ini. Selain itu, pajak juga menjadi sumber penerimaan dan pendapatan negara terbesar. Hal ini ditunjukkan oleh besarnya kontribusi sektor pajak terhadap penerimaan negara.

Namun tidak banyak rakyat yang menyadari hal tersebut, karena manfaat pembayaran pajak tidak langsung diterima. Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini hampir seluruh rakyat Indonesia telah memperoleh manfaat pajak yang berdampak pada pelayanan kesehatan gratis, pendidikan gratis dan berkualitas, akses transportasi dan mobilitas serta pembangunan infrastruktur jalan yang mendorong perekonomian,” ujar Bupati Bima.  



Menurutnya, sejalan dengan tujuan meningkatkan kesadaran pajak, maka keberadaan generasi muda yang akrab disapa generasi milineal menjadi sangat penting untuk mendukung tujuan tersebut. Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada tahun 1980– 2000an, di mana usianya saat ini mencapai 17-37 tahun yang merupakan usia produktif.

Bupati memaparkan, sesuai data menunjukkan  bahwa pada tahun 2045 Indonesia mengalami bonus demografi yaitu penduduk usia produktif mencapai angka mayoritas. Oleh karena itu, bonus demografi yang dipenuhi oleh generasi milenial harus dioptimalkan untuk mendukung budaya sadar pajak yang diharapkan dapat menciptakan wajib pajak yang patuh pajak.

Salah satu ciri generasi milenial selain aktif dan kreatif adalah generasi yang melek teknologi. Artinya generasi sangat akrab dan mudah mengikuti perkembangan teknologi. Sebagaimana yang diketahui bahwa era globalisasi teknologi berkembang saat ini.


Saya berharap melalui pekan panutan pajak, sosialisasi terkait dengan pajak kendaraan bermotor kedepanya para siswa,siswi dan warga masyarakat akan mengetahui sepenuhnya akan arti penting kita membayar pajak terutama membayar pajak bagi kendaraan bermotor maupun kendaraan roda empat,” imbau Bupati Bima. [AD]