Hama Wereng Batang Cokelat Serang Padi Petani di Kabupaten Bima

Iklan Semua Halaman

.

Hama Wereng Batang Cokelat Serang Padi Petani di Kabupaten Bima

Kamis, 04 April 2019
Kabid Rehabilitasi, Pengembangan Lahan dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, Benny Akbar. Foto US Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distambun) Kabupaten Bima mendata sejumlah tanaman padi petani di empat wilayah yaitu di Kecamatan Woha, Monta, Bolo dan Belo diserang hama wereng batang cokelat.

Kepala Bidang Rehabilitasi, Pengembangan Lahan dan Perlindungan Tanaman Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima, Ir Beny Akbar mengatakan, secara umum serangan hama wereng batang cokelat berlangsung cepat mula dari bawah hingga bulir padi.

“Serangannya berlangsung cepat, bahkan walaupun banyak tanaman padi tapi isi (bulir) sudah tidak ada,” katanya di Distambun Kabupaten Bima, Selasa (2/4/2019) lalu.

Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut, Distambun telah melakukan penanganan 
seperti pembagian obat dan penyemprotan padi petani. Kondisi padi yang sudah rusak diserang wereng batang cokelat langsung dibakar untuk mencegah penyebaran hama. 

“Kalau tidak langsung dipisahkan itu menyebar werengnya,” ujarnya.

Berdasarkan data Distambun terdapat dua hektar tanamam padi milik petani di Kecamatan Belo yang terserang wereng batang cokelat. “Sudah kita antisipasi juga, itu biasanya wereng tersebut datang bersama hujan, selain wereng batang cokelat ada juga wereng daun,” kata Benny. [US]