HBY Akui, Tim tidak Maksimal Jalankan Tugas Tangani Kasus Rabies

Iklan Semua Halaman

.

HBY Akui, Tim tidak Maksimal Jalankan Tugas Tangani Kasus Rabies

Senin, 15 April 2019
Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin saat memimpin upacara. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Penanganan kasus virus Rabies atau Anjing gila, sebenarnya sudah ada tim yang tersebar di seluruh Kecamatan Kabupaten Dompu terutama di tiap-tiap desa akan tetapi tim ini, Menurut Bupati Dompu Drs. H. Bambang M Yasin (HBY), belum begitu maksimal dalam menjalankan tugas itu.

"Hanya beberapa desa saja yang serius mengeliminasi anjing rabies. Dan itu terbukti dengan bertambahnya korban anjing rabies. Saya sudah sering menyatakan bahwa musuh kita adalah anjing rabies," ungkap HBY saat memimpin apel pagi di Lapangan Beringin depan Kantor Pemda Dompu, Senin (15/4/2019).

Menurut orang yang nomor satu di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini, tim yang dibentuk sepertinya jalan ditempat sehingga kejadian kasus gigitan anjing gila ini pun semakin meningkat tajam. Oleh sebab itu, ia berencana akan memimpin langsung aksi elimininasi binatang yang cukup meresahkan warga itu.

"Saya sudah beli senapan dan saya akan memimpin langsung aksi untuk mengeliminasi anjing di Dompu," tegas dia.

Khusus di Kabupaten Dompu, beberapa hari terakhir ini lanjut HBY, gigitan Ajing gila tersebut tetap saja ada korban dan korbanya pun sebagian banyak dari kalangan anak anak kecil, hal itu yang menyita perhatian dia.

"Saya sedih melihat dan mendengar adanya korban lagi yang di gigit anjing rabies," ungkapnya.

Dikatakan HBY, di daerah lain (Bali, red) pemerintah di sana telah mengeluarkan anggaran yang mencapai triliun untuk membeli vaksin. Masa Pemda Dompu juga harus mengeluarkan anggaran nilainya Miliaran hanya untuk membeli vaksin itu.

"Untuk mengantisipasi hal itu, maka kita harus bekerja serius untuk mengeliminasi anjing rabies, supaya virus anjing rabies tidak tertular di hewan anjing lainnya," isaratnya.

Lebih jauh Bupati berharap, adanya kerjasama semua pihak terhadap penanganan kasus virus anjing rabies. Sebab tanpa ada kerjasama kasus ini tidak akan mampu ditangani secara maksimal.

"Kalau ada yang menemukan anjing rabies silakan segera laporkan ke Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Dompu. Agar segera mereka bisa segera menindaknya," harap dia. [RIS]