Perkuat Kearifan Lokal, Babinsa Keli Koramil 1608-04/Woha Bangkitkan kepedulian Pelajar Terhadap Budaya

Iklan Semua Halaman

.

Perkuat Kearifan Lokal, Babinsa Keli Koramil 1608-04/Woha Bangkitkan kepedulian Pelajar Terhadap Budaya

Jumat, 05 April 2019
Kecendrungan Generasi Muda yang Semata Mengadopsi Pola Kehidupan Modern dan Menanggalkan Budaya Luhur Seperti Budaya Tradisional Menjadi Pintu Masuk Degradasi Moral Generasi saat ini. Babinsa Keli Jajaran Kodim 1608/ Bima, Sertu Agus Budi R Berupaya Membangikit Kearifan Lokal dan Nilai-Nilai Budaya yang Mulai Luntur di Kalangan Pelajar.

Bima, Berita11.com— Sebagai bangsa yang majemuk kita harus bersyukur dengan keanekaragaman suku dan budaya sebagai ciri khas. Salah satu hal yang mesti dilakukan ikut melestarikan budaya lokal seperti budaya Mbojo sebagai warisan leluhur. Untuk menguatkan kecintaan terhadap budaya, Babinsa Desa Keli Koramil 1608 - 04/Woha, Sertu Agus Budi R memberikan pembinaan kepada pelajar di wilayah binaanya, Jumat (5/4/2019).  
Sertu Agus Budi R mengatakan, generasi muda dari dari suku Mbojo harus tetap melestarikan budaya Mbojo, seperti seni tari dan seni yang lainnya. Karena pada era sekarang sudah banyak budaya yang sudah modern sudah banyak bermunculan mengikis kearifan lokal yang sebenarnya baik untuk masyarakat.

Dikatakannya, sebagai generasi penerus suku Mbojo harus merasa bangga dan merasa memiliki budaya yang tidak sama dengan daerah lain. Contohnya budaya rimpu harus tetap dipertahankan serta dilestarikannya. Demikian halnya dengan tarian tarian tradisional.


“Dengan adanya kita berkumpul di kantor Koramil 1608 - 04/Woha ini, pelajar SD, SMP, SMA dapat mengapresiasaikan dengan cara berlatih, seni budaya Mbojo, dan dibantu oleh para guru guru yang mempunyai skil dibidangnya,” ujarnya. [US]