Seluruh Panwascam di Kabupaten Bima Melatih Saksi Parpol

Iklan Semua Halaman

.

Seluruh Panwascam di Kabupaten Bima Melatih Saksi Parpol

Rabu, 10 April 2019
Suasana Pelatihan Saksi Parpol yang akan Bertugas di TPS pada Pemungutan Suara 17 April 2019. Para Saksi Parpol Tersebut Dilatih Panwascam Seluruh Kecamatan di Kabupaten Bima. Dok Bawaslu Kabupaten Bima.


Bima, Berita11.com— Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) kecamatan se-Kabupaten Bima melatih saksi Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2019. Pelatihan dimaksudkan meningkatkan kapasitas saksi peserta Pemilu dalam menjalankan Tugas pokok dan Fungsinya (Tupoksi) sebagai saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima, Abdullah, S.H., mengatakan, kegiatan tersebut berlangsung selama tigahari, yakni 8-10 April 2019, dipusatklan di masing-masing kecamatan dan dilaksanakan Panwascam.
Disebautkannya, metode pelatihan dibagi dua tempat untuk masing-masing kecamatan dan dibagi dua sesi. Pada setiap sesi dilaksanakan untuk masing-masing saksi per satu Parpol saja.

“Sesi pertama dilaksanakan pada pukul 09.00-12.00 wita, dan sesi keduanya dilanjutkan pada pukul 14.00 hingga 17.00 Wita”, ujar mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Bima ini melalui siaran pers Bawaslu Kabupaten Bima yang diterima Redaksi Berita11.com, Selasa (9/4/2019).

Abdullah menjelaskan pemisahan pelatihan saksi Parpol berdasarkan instruksi Bawaslu RI. Selain itu,  untuk menyatukan persepsi serta penguatan masing-masing saksi setiap Parpol dalam rangka memahami Tupoksinya.

Diakuinya, dari hasil evaluasi sementara, partisipasi saksi Parpol, masih kurang. “Kehadiran peserta pada hari pertama ini relatif sedikit, padahal pelatihan saksi itu sangat urgen bagi Parpol peserta Pemilu,” ujar pria yang akrab disapa Ebit ini.

Ditambahkannya,  selama pelatihan saksi Parpol tersebut, peserta dibekali buku saku dan sejumlah materi yang disampaikan melalui tayangan Liquid Crystal Display (LCD) serta video tutorial saksi peserta Pemilu.

Adapun materi lain dalam bentuk power point. Bawaslu menanggung konsumsi dan akomodasi, sementara untuk trasportasi dibebankan pada masing-masing Parpol peserta Pemilu. [RD]