Sisihkan Incumbent, Evi Apita Maya Diyakini Unggul Jauh di Pulau Sumbawa

Iklan Semua Halaman

.

Sisihkan Incumbent, Evi Apita Maya Diyakini Unggul Jauh di Pulau Sumbawa

Senin, 29 April 2019
Spesimen Surat Suara DPD Dapil NTB Pemilu 2019.


Bima, Berita11.com  Calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) NTB, Evi Apita Maya M. Kn, untuk sementara unggul jauh di wilayah Pulau Sumbawa, seperti di Kabupaten Bima, Dompu, KSB dan Sumbawa.

Bahkan calon legislator nomor urut 26 berparas cantik ini tampil sebagai kuda hitam dengan menyisihkan para incumbent seperti Farouk Muhammad, Bq Diah Ganefi dan Rabiatul Adawiyah.

Koordinator Tim Evi Apita Maya wilayah Bima dan Dompu, Mulyadin M. Pd mengatakan berdasarkan hasil C1 dan DA1 yang dikumpulkan dari saksi di Kabupaten Bima untuk sementara meraih suara 50 ribu lebih.

“Suara ini berpeluang bertambah menyusul belum selesainya rekapitulasi tingkat PPK,” katanya.

Sementara di Kabupaten Dompu lanjutnya, Evi Apita Maya meraih sebanyak 21 ribu suara. Bahkan jumlah tersebut menduduki peringkat pertama perolehan suara calon anggota DPD Dapil NTB yang meraih suara terbanyak di Kabupaten Dompu.

“Meski sebagai kuda hitam, Evi Apita Maya memperoleh suara terbanyak di Kabupaten Dompu,” katanya.

Meski sementara unggul, Mulyadin mengaku masih akan tetap terus memantau dan menunggu hasil resmi yang ditetapkan oleh KPU.  “Kami masih menunggu perhitungan final di KPU,” kata Mulyadin

Terpisah, Caleg DPD nomor urut 26, Evi Apita Maya, M.Kn menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang memilihnya dan mempercayakan amanat untuk mewakili NTB sebagai anggota DPD RI.

“Dengan data perolehan sementara ini. Kami mengucapkan terima-kasih kepada masyarakat NTB khususnya di Pulau Sumbawa yang sudah  mempercayakan keterwakilannya kepada kami,” ucapnya.

Raih Suara Terbanyak DPD di NTB

Evi Apita Maya M. Kn, diprediksi bakal sebagai pemenang dalam Pemilu 2019 karena meraih suara terbanyak dari kandidat calon anggota DPD lainnya.

Berdasarkan C1 yang dikumpulkan, Caleg nomor urut 26 ini meraih lebih dari 200 ribu suara. Bahkan sejumlah daerah Caleg Cantik ini unggul telak dari kandidat lainnya, seperti di Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Penghubung Tim Pemenangan Evi Apita Maya, Marwan Galle, menyebut hingga saat ini data yang masuk berdasarkan C1 dan hasil rekapitulasi suara tingkat PPK mencapai lebih dari 200 ribu.

“Sejauh ini sudah mencapai 200 ribu. Itupun hanya di sejumlah kabupaten di NTB, belum secara keseluruhan,” katanya.

Diakuinya, di Kabupaten Dompu, Evi Apita Maya unggul jauh dengan kisaran lebih 21 ribu suara. Sementara di KLU dipastikan unggul telak, dengan memperoleh 19 ribu suara. Disusul urutan kedua Irzani sebanyak 11 ribu suara dan urutan ketiga TGH Ibnu Halil mengantongi 10 suara.

“Kemudian di KSB  juga unggul dari kandidat lainnya yakni lebih dari 10 ribu suara," ujarnya.

Dengan beberapa sample daerah yang unggul tersebut, Marwan mengaku pihaknya berani mengklaim Caleg DPD nomor urut 26 meraih suara terbanyak dari kandidat lainnya. “Saat ini kami terus mengawal dan memantau rekapitulasi di tingkat PPK, " katanya.

Dalam mengantisipasi kecurangan dan pengelembungan suara, Marwan mengaku sudah menempatkan para saksi dan pemantau agar mengawal rekapitulasi hingga perhitungan selesai dan dianggap final oleh  KPU. [AD]