Tahun ini, Disperindag Bangun Dua Paket Pasar Senilai Rp2,9 Miliar di Kabupaten Bima

Iklan Semua Halaman

.

Tahun ini, Disperindag Bangun Dua Paket Pasar Senilai Rp2,9 Miliar di Kabupaten Bima

Kamis, 04 April 2019
Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Bima, Ikhsan. Foto US Berita11.com.


KERJASAMA ANTARA BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL SETDA KABUPATEN BIMA DENGAN HARIAN ONLINE WWW.BERITA11.COM

Bima, Berita11.com— Tahun 2019 ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bima akan membangun dua paket pasar senilai Rp2,9 miliar di Pasar Woha dan Pasar Labuan Kananga Kecamatan Tambora Kabupaten Bima.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kabupaten Bima, Ikhsan mengatakan, pembangunan pasar tersebut masih dalam tahap perencanaan.  Untuk pasar Woha senilai RP1,7 miliar meliputi kios dan penggilingan daging, sedangkan di Labuan Kananga senilai Rp1,2 miliar meliputi los pasar dan 8 kios ukuran 10x16 meter.

Masih tahap perencanaan saat ini. Setelah itu baru akan dilelang. Untuk sementara tidak ada resistensi, mungkin pada pembagian kiosnya nanti,” ujar Ikhsan di Disperindag Kabupaten  Bima, Selasa (2/4/2019) lalu.

Dikatakannya, setelah proses pembangunan selesai dan diresmikan, pembagian kios akan dilaksanakan dengan sistem pengundian murni, sementara penyerahan langsung tanpa pengundia hanya diberikan kepada pedagang yang terdampak langsung dari pembangunan.

Diakuinya, Pemerintah Kabupaten Bima memang tidak menyiapkan dukungan (share) anggaran langsung untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) pembangunan dua pasar tersebut. akan tetapi pemerintah daerah memiliki program khusus untuk pemberdayaan pedagang khususnya untuk usaha mikro melalui pengadaan bantuan peralatan bagi UKM.

Selain itu, Pemkab Bima juga mengalokasikan anggaran Rp200 juta untuk membangun rumah potong unggas di Woha. “Dukungan dari Pemda hanya untuk SPPD untuk monitoring kegiatan dari APBD, support itupun masih terbatas, program kita jalan karena itu juga kebutuhan masyarakat,” katanya. [US]