Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Dompu Gelar Pemilu Run

Iklan Semua Halaman

.

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Dompu Gelar Pemilu Run

Minggu, 07 April 2019
Suasana Pemilu Run atau gerjalan santai yang digelar KPU Dompu. RIS

Dompu, Berita11.com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dompu menyelenggarakan Pemilu Run dalam rangka meningkatkan partsipasi pemilih dalam Pemilihan Umum pada tanggal 17 April tahun 2019 mendatang.

Kegiatan Pemilu Run dipusatkan di Taman Kota Kabupaten Dompu, Minggu (7/4/2019) pagi, diikuti oleh para siswa dan pelajar serta masyarakat umum juga ASN di Lingkup Pemkab Dompu juga anggota Polri serta TNI dilepas oleh Ketua KPU Kabupaten Dompu, Drs Arifudin.

Pemilu Run beruapa jalan sehat bersama ini dimulai dari titik pusat acara menuju RSUD Dompu, kemudian menuju Masjid Raya Baiturrahman, belok kanan depan Bolly, kemudian kembali menuju taman kota.

Acara dilanjutkan dengan senam Pemilu dan bagi-bagi hadiah kejutan berupa kulkas, sepeda, dispenser, kipas angin berdiri dan bermacam-macam hadiah yang unik untuk peserta yang hadir.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Dompu, Drs.Arifudin pelaksanaan Pemilu Run atau gerak jalan tersebut didasari UU RI Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu serta Peraturan KPU Nomor 32 tahun 2018, sebagai penyelenggara KPU terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dengan menggelar berbagai kegiatan yang bisa mendongkrak partisipasi pemilih sala satunya Pemilu Run ini.

“Sebagai Penyelenggara,kami sengaja mengundang selain masyarakat umum, para pelajar juga yang masuk kategori pemilih potensial untuk mengikuti gerak jalan atau kegiatan ini, sehingga pada kesempatan ini kami bisa sosialisasi penyelenggaraan pemilu dengan demikian mereka bisa berpartisipasi mengikuti Pemilu 2019 nanti," ujar Arifudin

Ketua KPU Dompu Drs. Arifudin saat membacakan nomor undian doorprize peserta yang beruntung.  Foto RIS

Ia menjelaskan bahwa pemilih ada tiga kategori yakni Pemilih yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) serta Daftar Pemilih Khusus yang meliputi usia 17 tahun atau pelajar yang baru mendapatkan identitasnya.

“Sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang, Pemilih ada tiga kategori yaitu, pemilih yang ada di DPT, DPTb dan Pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT atau DPTb adalah masuk dalam kategori DPK seperti Anak-anak yang berusia 17 tahun atau masih pelajar yang baru mendapatkan surat keterangan identitas atau KTP dan untuk pemilih DPK ini, diperlakukan Khusus, pelaksanaan pencomblosannya di atas jam 12.00 hingga 13.00 Wita,” jelas dia.

Kegiatan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia ini, selain menginformasikan kepada peserta yang hadir, lewat kesempatan ini juga Arifudin, mengajak masyarakat hususnya di Kabupaten Dompu untuk mendatangi Tempat Pengumutan Suara (TPS) guna memberikan hak suaranya pada Rabu 17 April 2019 nanti.

"10 hari lagi, kita akan melaksanakan Pemilu serentak untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat Khususnya Kabupaten Dompu agar berbondong-bondong mendatangi TPS guna memberikan hak pilihnya nanti,” ajaknya. [RIS]