Abdul Muis Pimpin Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Abdul Muis Pimpin Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Dompu

Senin, 13 Mei 2019
Foto Bersama Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Setelah Muscab Perdana PII Kabupaten Dompu, Minggu (12/5/2019) Malam. 


Dompu, Berita11.com— Abdul Muis memimpin Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Cabang Dompu setelah terpilih secara aklamasi melalui musyawarah cabang (Muscab) Perdana PII di Kabupaten Dompu, Minggu (12/8/2019) malam.

Muscab ke-1, PII Kabupaten Dompu yang dihadiri 37 orang anggota PII, dan pimpinan OKP Kabupaten  Dompu. Kegiatan berlangsung di Kompleks Perum BTN Pepabri Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Acara berlangsung  21.00 Wita-23.30 Wita.

Hadir mewakili Pengurus Pusat PII, dari Komite Pengembangan Organisasi yang bertindak sebagai Korwil Bali-Nusra Ir Hadi Santoso ST MM IPM, sekaligus menginisiasi,  mengarahkan, dan membuka Muscab PII Kabupaten Dompu.

“PII merupakan satu-satunya organisasi profesi keinsinyuran, sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 11/2014 tentang Keinsiyuran dan telah diterbitkan PP No 25/2019 untuk pelaksanaan UU tersebut. Karena itulah,  kami Pengurua Pusat terus mendorong percepatan pembetukan Cabang di seluruh Indonesia demi optimalisasi pelaksanaan Peraturan Pemerintah tersebut,” ujar Hadi dalam sambutannya.

Munurut Hadi, kegiatan Muscab tersebut sesuai instruksi Ketua Umum PP PII, Dr Ir Heru Dewanto MSc (Eng) IPU. Selain itu, mengacu petunjuk teknis yang telah dirumuskan Komite Pengembangan Organisasi PP PII. Guna mendorong terbentuknya kepengurusan PII yang legal di setiap kabupaten/kota se Indonesia.

“PII telah berdiri sejak tanggal 23 Mei 1952. Namun sampai hari ini belum seluruh kabupaten/kota memiliki Pengurus Cabang PII. Termasuk di NTB ini baru ada dua Cabang PII, yakni Bima dan Kabupaten Sumbawa Barat.  Jadi Pengurus Cabang Dompu ini adalah yang ketiga,” terang Hadi.

Sebagai Koordinator Wilayah Bali-Nusra, Hadi mentargetkan pada tahun 2019 ini,  seluruh Kabupaten/Kota di NTB,  NTT,  dan Provinsi Bali terbentuk Pengurus Cabang dan Pengurus Wilayah. Mengingat PP 25/2019 menegaskan setiap insinyur yang akan melakukan praktik keinsinyuran wajib memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) yang dikeluarkan oleh PII.

“Kepengurusan Cabang yang legal, menjadi ujung tombak implementasi PP 25/2019. Sehingga peningkatan kualitas dan kompetensi para insinyur yang sangat strategis dalam pembangunan bangsa benar-benar dapat terwujud," imbuhnya.

Sementara itu,  dalam Muscab PII Kabupaten Dompu yang dipimpin oleh Ir Hadi Santoso ST MM IPM,  Ir Abdul Muis MSi,  dan Siti Asmah ST, terpilih secara aklamasi,  Ir Abdul Muis MSi sebagai Ketua PC PII Kabupaten Dompu periode 2019-2022.

Dalam Sambutannya,  Ketua Terpilih PC PII Kabupaten Dompu Ir Abdul Muis MSi berkomitmen untuk mendorong seluruh insinyur di Kabupaten Dompu bergabung dalam struktrur kepengurusan PII. Guna memudahkan jalannya roda organisasi. Mengingat posisi strategis PII dalam meningkatkan SDM para insinyur. 

“Saya minta waktu pada Pengurus Pusat PII,  untuk menyusun kepengurusan PII Cabang Dompu. karena ingin mengakomodir sebanyak mungkin insinyur di daerah ini. Meski persyaratan untuk masuk tidak gampang. Saya sendiri bersedia menjadi ketua ini karena fungsi mulia dari organisasi ini,” ujar pria yang merupakan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Dompu itu.

Pihaknya berencana akan menyampaikan keberadaan PC PII Kabupaten Dompu secara langsung pada Bupati Dompu serta pejabat teras lainnya. Sehingga sinergi PII dengan Pemerintah Daerah dapat terjalin dengan baik.

“Saya menjadi Kepala Dinas sudah lama. Tahu persis bahwa idealisme para insinyur tidak sebagus saat zaman dulu.  Saya menunggu-nunggu momentum gerakan penguatan insinyur selama ini. Alhamdulillah, malam ini kita telah membentuk PC PII Dompu. Inilah wadah untuk kita mewujudkan idealisme itu,” tutup Abdul Muis. [RD]