Bawaslu Dompu Tangani 15 Kasus Pelanggaran Pemilu 2019

Iklan Semua Halaman

.

Bawaslu Dompu Tangani 15 Kasus Pelanggaran Pemilu 2019

Kamis, 02 Mei 2019
Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Dompu, Swastari, SH. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Dompu NTB, tengah menangani sedikitnya 15 kasus dugaan pelanggaran Pemilu 2019. 10 diantaranya sudah dilakukan analisis, semuanya mengarah ke pelanggaran pidana.

Sementara, lima kasus lainnya terindentifikasi pelanggaran administrasi, hanya saja ke lima laporan ini belum memenuhi syarat formil dan materil. Pihak Bawaslu akan menginformasikan kepada pelapor untuk melengkapi berkasnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu melalui Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Swastari, SH mengatakan, pasca pencoblosan bulan lalu tercatat ada 15 kasus yang ditangani.

"Saat ini kasus pelanggaran pemilu sebanyak 15 kasus yang dilaporkan," ungkap Swastari di ruang kerjanya, Kamis (2/5/2019) siang.

Ia menyebutkan, sebanyak 15 kasus yang dilaporkan itu dari beragam variasi, Dan ia mengapresiasi terhadap masyarakat yang sudah mau melaporkan pelanggaran Pemilu. Namun sebelumnya, kata dia, Panwas hanya menemukan satu pelanggaran saja yakni di Kecamatan Kilo.

"Untuk Pemilu kali ini, secara jujur, saya mengapresiasi terhadap masyarakat yang sudah berani melaporkan pelanggaran-pelanggaran tersebut," ucap dia. [RIS]