Desa Nggembe Dinilai Tim Lomba Desa Kabupaten Bima

Iklan Semua Halaman

.

Desa Nggembe Dinilai Tim Lomba Desa Kabupaten Bima

Rabu, 01 Mei 2019
Suasana Pemaparan saat Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima di Desa Nggembe Kecamatan Bolo, Selasa (30/4/2019). 



Bima, Berita11.com— Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Bima melaksanakan penilaian fisik dan nonfisik Desa Nggembe yang menjadi duta Kecamatan Bolo pada lomba desa tahun 2019. Tim penilai mendengarkan pemaparan Pemerintah Desa Nggembe dan para stake holder di halaman kantor desa setempat, Selasa (30/4/2019).

Sejumlah Tim Penilai yang meninjau langsung desa setempat yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes), para pejabat setingkat eselon III dan sejumlah panitia lain. Tim penilai didampingi Sekcam Bolo, Drs Abas dan camat, dan Muspika.

Sekdes Nggembe Kecamatan Bolo, Irfan S.Pd optimistis desa setempat dapat meraih juara pada lomba desa tingkat Kabupaten Bima. Adapun program unggulan Desa Nggembe yang ditonjolkan pada lomba desa tahun 2019 yaitu program pertanian, pembuatan pupuk kompos oleh kelompok masyarakat dan penyiapan bibit unggulan.

“Karena di sini rata-rata semua penghasil bibit. Selain itu juga aspek non-fisik juga siap,” katanya di kantor Desa Nggembe, Selasa (30/42019).

Menurutnya,  Pemdes dan masyarakat setempat tidak hanya menyiapkan penataan fisik. Namun kegiatan non-fisik seperti upaya peningkatan pola hidup bersih dan menjaga kesehatan, serta upaya mendorong partisipasi masyarakat dalam menyiapkan lomba. “Untuk aspek nonfisik atau partisipasi masyarakat juga sudah lebih baik,” ujarnya.

Diakuinya, selain disiapkan Pemerintah Desa, kegiatan penataan lingkungan juga didukung masyarakat setempat seperti kegiatan pengecatan pagar. “Ada dukungan dari Pemerintah Desa Nggembe dan juga ada dari partisipasi masyarakat. Di sini masyarakat kompak,” ujarnya.

Selain mendengarkan pemaparan Pemdes Nggembe, Tim Penilai Lomba Desa Kabupaten Bima juga melihat langsung fisik penataan lingkungan di desa setempat dan Posyandu. [US]