Diduga Pelanggaran HAM, Komnas HAM RI Periksa Lokasi PT SMS di Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Diduga Pelanggaran HAM, Komnas HAM RI Periksa Lokasi PT SMS di Dompu

Rabu, 15 Mei 2019
Suasana pemeriksaan tim Komnas HAM lahan warga yang digusur paksa PT SMS. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Tim penyidik dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Komnas HAM RI) mendatangi lokasi PT Sukses Mantap Sejahtera (SMS) yang terletak di Desa Doropeti Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu NTB, Rabu (15/5/2019).

Kedatangan Tim yang terdiri dari tiga orang personel ini, dipimpin Penyidik Senior, Staf Pemantauan dan Penyelidikan Biro Dukungan Penegakan HAM Komnas HAM RI, Yunita Christine dan dua orang anggota yakni Ana dan Dewi.

Mereka melakukan pemeriksaan terkait dugaan kejahatan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang dilakukan PT SMS dengan menggusur paksa tanah dan perkebunan jambu mente milik warga setempat.

Tim Penyidik Komnas HAM melakukan pemeriksaan berdasarkan aduan LSM Lembaga Penegak Kebenaran NTB yang diketuai Burhan alias Metty pada bulan Maret lalu dengan nomor registrasi 03/LSM-LPKB.NTB/III/2019.
Warga Desa Doropeti dan Tim Komnas HAM foto bersama usai melakukan dialog.

"Tadi mereka melihat langsung kerusakan perkebunan Jambu Mente milik masyarakat, sekaligus meminta keterangan masyarakat diantaranya Kepala Desa Doropeti, Kepala Dusun Gunung Sari serta Anggota BPD termasuk saya, bahwa PT SMS telah merampas, merampok dan menggusur paksa tanah masyarakat tanpa ijin," ujar Metty.

Menurut dia, Komnas HAM akan bekerja serius menangani kasus tersebut. Apalagi tim melihat langsung kondisi lahan perkebunan mereka dan besok, kata Metty, tim bakal mendatangi Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin guna meminta keterangannya. Apalagi Bupati Dompu telah dilakukan pemanggilan pihak PT SMS sebanyak dua kali, akan tetapi Bupati Dompu tidak mau hadir.

"Langkah selanjutnya, besok hari Kamis (16/5/19) pertemuan di kantor Bupati Dompu, meminta keterangan bupati, karena bupati sudah dua kali bersurat oleh PT. SMS untuk memberinka klarifikasi namun bupati tidak beritidak baik memberi klarifikasi," terang dia.

Tim Komnas HAM tiba di dompu siang tadi sekira pukul 15.00 Wita kemudian melanjutkan perjalanan ke lokasi PT SMS atau Pabrik gula di Desa Doropeti kemudian balik dari sana menuju Dompu sekira pukul 19.30 Wita dan nginap di Dompu. [RIS]