DPKAD Sebut Serapan Anggaran Kabupaten Bima Tinggi, ini Struktur Lengkapnya

Iklan Semua Halaman

.

DPKAD Sebut Serapan Anggaran Kabupaten Bima Tinggi, ini Struktur Lengkapnya

Selasa, 28 Mei 2019
Struktur Anggaran Kabupaten Bima Tahun 2019. 



Bima, Berita11.com— Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bima menegaskan serapan anggaran Kabupaten Bima terbilang tinggi atau di atas 90 persen. Tidak ada kendala pelaksanaan program fisik seperti pembangunan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Adel Linggiardi SE menegaskan, serapan anggaran tahun 2018  di atas 90 persen. Hal itu sebagaimana tertuang angka  sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) atau pengembalian ke kas negara yang tidak signifikan.

“Kalau serapan anggaran Pemkab Bima lebih dari 90 persen, cukup bagus untuk ukuran daerah,” katanya di BPKAD Kabupaten Bima, Jumat (24/5/2019) lalu.

Tanpa menyebut detail anggaran, ia juga menegaskan serapan anggaran pada semester pertama tahun 2019 di Kabupaten Bima memiliki trend positif.

“Termasuk triwulan pertama 2019. Alhamdulillah karena fisiknya dari bulan tiga dan empat sudah mulai, kalau selama ini bulan lima dan enam kadang-kadang proses finalisasi mepet akhir tahun, tapi sekarang lebih awal,” katanya.

Struktur Anggaran Kabupaten Bima Tahun 2018 lalu. 

Mantan Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bima ini optimistis, tidak ada kendala terkait serapan anggaran Kabupaten Bima. Demikian halnya berkaitan ancaman pinalti sistem anggaran hangus yang diterapkan pemerintah pusat sebagai konsekuensi keterlambatan pelaksanaan kegiatan.

 “Di pusat dikasi batas waktu dia (pemerintah daerah) menginput semua kegiatannya, kalau melewati batas waktu hangus. Tapi alhamdulilah kita tidak ada yang sampai hangus,” katanya. [US]