Genjot Kesandaran Pemilik Kendaraan Melalui Opgab, UPTB UPPD Panda Hasilkan PKB Rp30 Juta per Hari

Iklan Semua Halaman

.

Genjot Kesandaran Pemilik Kendaraan Melalui Opgab, UPTB UPPD Panda Hasilkan PKB Rp30 Juta per Hari

Minggu, 19 Mei 2019
Kepala UPTB UPPD Panda Bima, Noeris Satria Putra ST MM. Foto US Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Selama 10 hari Unit Pelaksana Teknis Badan-Unit Pelaksana Pajak Daerah (UPTB-UPPD) Panda Bima, Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) NTB melaksanakan operasi gabungan (Opgab) razia kendaraan bersama sejumlah aparat lain dari Polri, TNI, Dishub, Brimob dan PT Jasaraharja. Tercatat capaian Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yaitu Rp30 juta per hari.

Hal tersebut diakui Kepala UPTB-UPPD Panda Bima, Noeris Satria Putra ST MM.  Selama 10 hari unit setempat melaksanakan Opgab yang dibagi dua sesi yaitu delapan hari dengan sasaran kendaraan bernomor dalam daerah dan dua hari dengan sasaran kendaraan bernomor luar daerah.

“Opgab kita laksanakan selama 10 hari yang dibagi dua hari kendaraan luar daerah dan delapan hari untuk kendaraan dalam daerah. Kita libatkan aparat lain,” ujarnya di UPTB-UPPD Panda Bima, Jumat (17/5/2019).

Menurutnya, pembayaran PKB di wilayah Kabupaten Bima bagus. Bahkan hasil PKB yang dikumpulkan personel UPTB-UPPD Panda Bima mencapai Rp30 juta lebih per hari. “Kalau target kita tidak turun. Malah terus dipacu. Target kita tahun ini Rp12 miliar lebih untuk PKB dan Rp13 miliar untuk BBNKB (Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor). Tahun kemarin malah capaian 110 persen. Asal tidak ada bencana, kalau panen bagus, masyarakat bayar pajak juga lancar,” katanya.

Selain Opgab dan layanan di kantor, UPTB-UPPD Panda Bima juga menerapkan sistem jemput bola melalui pelayanan Samsat Keliling terutama di wilayah jauh seperti Kecamatan Soromandi, Kecamatan Donggo dan Kecamatan Parado. “Kalau Samling (layanan Samsat keliling, red) itu tidak ada masalah. Malah masyarakat minta kita agar ke tempat mereka. Pembayaran lancar,” ujarnya.

Setiap hari kerja, dua mobil Samling UPTB-UPPD Panda Bima juga disiagakan di dua lokasi di Kabupaten Bima yakni di depan Bolly Sila dan depan Bolly Tente Woha.  Capaian lima bulan terakhir dari layanan dua mobil tersebut Rp1 miliar lebih dan Rp600 juta.

Noeris menyebut, di wilayah Kabupaten Bima terdapat 250 unit kendaraan baru yang dilayani Samsat. “Kalau tahun lalu itu mobil yang banyak, sekarang sepeda motor banyak,” katanya.

Berdasarkan data UPTB-UPPD Panda Bima, hingga Maret 2019 lalu, tercatat laporan penerimaan PKB, Denda PKB, denda BBNKB dan penerimaan lain-lain sebesar Rp5.857.268.735. [US]