Hebat, Pelajar SMKN 1 Pekat Produksi Kopi Kahawa Macaru 100% Tanpa Campuran

Iklan Semua Halaman

.

Hebat, Pelajar SMKN 1 Pekat Produksi Kopi Kahawa Macaru 100% Tanpa Campuran

Minggu, 05 Mei 2019
Kemasan kopi "KAHAWA MACARU 100% TANPA CAMPURAN" hasil produksi pelajar SMKN 1 Kecamatan Pekat. Foto ist

Dompu, Berita11.com - Pelajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu NTB, mempunyai kreatif yang hebat dengan memproduksi kopi yang diberi nama "Kahawa Macaru 💯% Tanpa Campuran"

Proses pengolahan Kopi "Kahawa Macaru 💯% Tanpa Campuran" ini, pelajar yang dikordinatori guru Kewirausahaan dan dibantu guru lainnya melakukan dengan cara sederhana dan alamiah, mereka menggunakan wajan yang terbuat dari tanah liat dan pembuatannya
bisa mencapai 10 hingga 20 bungkus per hari.

Kepala SMKN 1 Pekat Suparman, S.Pd melalui guru mata pelajaran (Mapel) simulasi digital yang juga bagian koordinator pemasaran di bidang ini, Ardinsah S.Pd menjelaskan, munculnya kreatif usaha kopi tersebut dimulai sejak Festival Pesona Tambora (FPT) 2019 bulan lalu, karena laris terjual sehingga SMKN 1 Pekat terus kembangkan usaha tersebut.

"Awalnya kreatif dari Kepala sekolah Suparman, S.Pd kemudian diinstruksikan ke badan kewirausahaan sekolah yang berniat mempromosikan diacara FPT 2019 kemarin, karena Kopinya sangat laku dan terjual habis maka kami melanjutkan produksi hingga saat ini," jelas Ardiansah pada Berita11.com, Sabtu, (4/5/2019) malam.

Menurut Ardiansah, semua peralatan di sekolah telah difasilitasi, seperti alat pembuatan sampelnya dan alat untuk mengemas kopi tersebut. Siswa beserta dewan guru tinggal melaksanakannya saja.
Siswa dan dewan guru SMKN 1 Pekat. Foto ist

"Alat dan bahannya termasuk plastik sampelnya telah disediakan sekolah, karena di sekolah sudah lengkap alat-alat praktek dan pengolahannya maka semuanya cover dan jenis plastiknya semuanya dibuat di sekolah," terang dia.

Ardiansah menyebutkan, sejauh ini sudah kali ketiganya memproduksi kopi tersebut dan sudah habis terjual dan besok rencananya akan memproduksi kali keempatnya dan harganya per bungkus dapat terjangkau.

"Alhamdulillah sejauh ini, sudah tiga kali produksi, dengan jumlah 10-20 bungkus sekali produksi untuk harga tergolong murah karena kopi alami 💯%  tanpa campuran, harga perbungkusnya bisa dapat 25-30 ribu," katanya.

Untuk diketahui, Koordinator Produksi yang juga guru Mapel Kewirausahaan adalah Suharni, S.Pd sementara bagian Desainer Cover dan plastik pembungkus Kahawa Macaru yaitu Rizky Saputra S.St dan penanggung jawab adalah Kepala SMKN 1 Pekat Suparman, S.Pd serta dilibatkan seluruh dewan guru SMKN 1 Pekat. [RIS]