Isi Bulan Ramadan, Kepma Bima Yogyakarta Inisiatif Mengajar TKA/TPA

Iklan Semua Halaman

.

Isi Bulan Ramadan, Kepma Bima Yogyakarta Inisiatif Mengajar TKA/TPA

Minggu, 26 Mei 2019
Anak-Anak TKA/TPA Mengikuti Kegiatan Pembentukan Generasi Sejuk Paham Alquran yang Dilaksanakan Kepma Bima Yogyakarta. 


Yogyakarta, Berita11.com— Ramadan merupakan momen di mana umat Islam melaksanakan salah satu rukun dari 5 rukun Islam, yaitu berpuasa. Berpuasa bagi umat Islam sangat istimewa, karena berpuasa dapat memberikan nilai tersendiri pada setiap Muslim yang melaksanakanya.

Memanfaatkan momentum tersebut, Keluarga Pelajar Mahasiswa (Kepma) Bima Yogyakarta mengambil peran serta dalam mewujudkan generasi sejuk yang paham Alquran, generasi yang paham agama, etika, akhlak terutama untuk menghormati orang tuanya.

Ketua Kepma Bima Yogyakarta, Muhammad Akhir mengatakan, momen seperti ini sengaja diadakan agar pengurus Kepma bisa berpartisipasi sosial secara langsung dengan 
masyarakat setempat.

“Memang benar, Kepma Bima Yogyakarta mengadakan kegiatan Ramadan Mengajar atau Kepma Mengajar selama bulan suci Ramadan, kegiatan tersebut diupayakan agar mahasiswa Bima Yogyakarta bisa berperan aktif secara langsung terhadap kehidupan sosial kemasyarakatan di Kota Istimewa Yogyakarta,” ungkap  Muhammad Akhir melalui press release Kepma Bima yang diterima Redaksi Berita11.com, Sabtu (25/5/2019).

Dikatakanya, inisiatif kegiatan ini sebenarnya dari program Bidang Kerohanian (BKHI) Kepma, kemudian Ketua Bidang Kerohanian mendiskusikan dengan pihaknya sehingga mendukung inisiatif yang bagus dari Bidang BKHI tersebut.


“Setidaknya ada dua masjid menjadi corong utama Kepma Mengajar, yaitu Masjid Nurul Fajri, Kelurahan Semaki, Kecamatan Umbulharjo dan Masjid Kartini, Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta. Alhamdulillah sebanyak 14 mahasiswa Bima yang terdaftar mengajar, kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Nurul Fajri dan Kartini,” sebutnya.

Kegiatan tersebut disambut baik juga Direktur-Direktur TKA/TPA Masjid Nurul Fajri dan Masjid Kartini, salah satunya Ust. Liri Avri Direktur TKA/TPA Masjid Nurul Fajri menyampaikan ucapan terimakasih kepada teman Kepma Bima, bisa membantu mengajar anak-anak di TPA dan diharapkan kerjasama seperti ini terus berlangsung sampai nanti setelah bulan suci Ramadan.

Selain untuk wujudkan generasi sejuk yang paham qur'ani, insya Allah kegiatan juga berupaya untuk menjemput kegiatan MTQ, bulan Juli atau Agustus mendatang. Kepma Bima Yogyakarta mengupayakan kegiatan MTQ tingkat mahasiswa se-Pulau Jawa.  

“Harapanya, semoga kegiatan-kegiatan seperti ini berjalan dengan baik, efektif, dan penuh kesabaran oleh mahasiswa Bima di manapun, terutama mahasiswa di daerah Bima itu sendiri,” katanya. [AD]